Sosialisasi Magang dan Skripsi 2021

Senin, 22 Februari 2021 - 18:56:37 WIB
Dibaca: 769 kali

Program Studi Administrasi Negara Untag Surabaya memberikan Sosialisasi Magang dan Skripsi di masa Pandemi Covid-19, yang diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2021. Sosialisasi ini terbagi atas dua sesi, pada sesi pertama digunakan untuk sosialisasi skripsi yang dilaksanakan pada pukul 10.00-11.00 WIB, untuk sosialisasi skripsi dipandu oleh Bapak Yusuf Hariyoko S.AP., M.AP serta Bapak DR.H.Zakariya. MS., MM dan Narasumber dari sosialisasi skripsi. Pada sesi kedua digunakan untuk sosialisasi magang, yang dipandu oleh Bapak Kusnan, dan Narasumber oleh Ibu Anggraeny Puspaningtyas. S.AP., M.AP. Sosialisasi ini dilaksanakan melalui Google Meet serta dihadiri sebanyak 96 Mahasiswa Prodi Administrasi Negara.

Adapun pembahasan pada poin-poin penting dalam sosialisasi skripsi, yang dimulai dari syarat-syarat mahasiswa untuk menempuh skripsi, kelengkapan dokumen, mengikuti ujian seminar proposal, topik tema skripsi, hingga pada tahap metode pengumpulan data. Pada sosialisasi skripsi kali ini diadakan pula sesi Tanya jawab, berikut sesi Tanya jawab yang dapat penulis rangkum:

Ade Maeda Rani: Apakah mahasiswa wajib mempublish suatu tulisan di jurnal sebagai syarat pendaftaran? Tidak wajib, tetapi minimal mahasiswa harus memsubmit suatu tulisan atau artikel di jurnal tertentu atau JPAP untuk dapat mendaftar skripsi.

Muh. Wigrha Idwar: Apakah judul skripsi dapat diambil dari judul proposal yang telah dibuat saat mata kuliah isu-isu kebijakan? Bisa diambil, namun judul harus sesuai dengan topik skripsi dan memiliki kebaruan. Jika judul yg akan di gunakan seperti "implementasi..." Atau "Pelayanan..." harus dipertimbangkan atau dipikirkan kembali karena tidak memiliki kebaruan.

Samsul Arifin: Persyaratan administrasi apa saja yang harus diselesaikan ketika akan melakukan skripsi? Lulus semua mata kuliah, submit/publish artikel, melunasi pembayaran pendaftaran skripsi dan magang, mengikuti sempro, saat pendaftaran sudah lulus praktikum, PKKMB, LKMM, dan SE (melampirkan sertifikat sebagai bukti).

            Seperti halnya pada sesi skripsi, sosialisasi sesi magang pun terdapar poin-poin penting diantaranya adalah syarat akademik dalam mengikuti magang seperti, pemrograman mata kuliah magang dan minimal sks yang dibutuhkan ketika akan mengambil magang. Kemudian, adanya syarat administrasi mengikuti magang, rekomendasi tempat magang, lokasi magang, hingga pada pembuatan proposal, laporan, dan luaran magang. Hal yang harus dipersiapkan mahasiswa dalam magang merupakan sebagai berikut:

Sebelum KRS: 1) Menentukan lokasi magang, 2) Memilih dosen pembimbing magang, 3) Menyusun proposal magang, 4) Menyiapkan berkas administrasi di Fakultas maupun Bangkesbangpol

Sesudah KRS: 1) Proses semua administrasi telah selesai, 2) Menyelesaikan proposal dan melakukan finishing dengan dosen pembimbing, dan menyerahkan proposal magang yang disertai dengan lembar persetujuan magang ke instansi 3) Melaksanakan magang.

            Pada sesi ini pula diadakannya sesi Tanya jawab, yang penulis rangkum sebagai berikut:

Nandhy Surya: Apabila ditempat magang tidak diperbolehkan memakai almamater kampus bagaimana? Bisa membuat dan menggunakan name tag (yang berisikan Nama, NBI, dan Logo Untag)

Indah: Apabila proposal ditolak, apakah kita harus meminta surat pengantar lagi? Iya, proposal yang ditolak, jangan langsung dibuang melainkan di serahkan kepada instansi lainnya dan membuat surat pengantar baru di TU FISIP.

 

Sosialisasi Magang dan Skripsi dapat di akses melalui link berikut: https://drive.google.com/file/d/11sDEBLrMR7xz4extISl5Ms2fFCO3MWnT/view?usp=sharing


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya