Pentingnya Buku Ajar untuk Mencapai Keberhasilan Proses Belajar Mengajar

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya mengadakan Pelatihan Penulisan Buku Ajar untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam proses pendidikan dan pengajaran. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen FISIP tersebut bertempat di Ruang Meeting Room 1, Senin (21/3/2016).

Saat dikonfirmasi warta17agustus.com, Dr. Bambang Kusbandrijo, MS, Kaprodi Administrasi Publik sekaligus penangunggjawab pelatihan menjelaskan, buku ajar merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan adanya buku ajar akan membantu mahasiswa dalam memahami dan menguasai tujuan yang akan dicapai dalam mata kuliah yang ditempuhnya.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen di UNTAG Surabaya, agar dosen mampu memberikan pendidikan dan pengajaran yang mengarah pada capaian yang diharapkan,” kata Dr. Bambang di kantornya, Selasa (22/3)

Buku ajar, lanjut dia, menjadi sangat dibutuhkan oleh dosen dan juga mahasiswa sebagai sarana proses belajar mengajar sehingga suasana bisa lebih hidup. “Mahasiswa bisa belajar lebih dulu, sedangkan dosen bisa lebih banyak berekspresi. Sehingga di kelas tinggal berdiskusi,” ungkapnya.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari itu dibimbing oleh Dr. Zainal Abidin, M.Si  dari Unpad Bandung. Selama pelatihan Dr. Zainal memberikan motivasi pentingnya buku ajar bagi dosen dan mahasiswa. Selain itu, dia juga menjelaskan teknik-teknik membuat buku ajar.

“Pada Semester Ganjil 2016/2017 nanti semua dosen diharapkan sudah mempunyai buku ajar.  Penyusunan buku ajar pun tidak harus individu, melainkan bisa dilakukan secara kelompok.” tutup Dr. Bambang.

 
Sumber Berita: warta17agustus.com

Bagikan

Comments (2)

  • BHW It's remarkable designed for me to have a web
    page, which is good designed for my knowledge. thanks admin 14 April 2017 - 06:11:55 WIB
  • manicure Hello, its good paragraph concerning media print, we all know media is a great source
    of information. 03 Mei 2017 - 14:52:21 WIB

Silahkan Tinggalkan Komentar