Peraturan Menkes Belum Terlaksana Secara Maksimal

H. Muhammad Tahdi, SKM, M, MKes. kemarin (25/02/2015),  berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para penguji ujian terbuka untuk menyelesaikan Program Doktor Ilmu Administasi di Fakultas Ilmu Social Dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya. Disertasi yang diajukan “ Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1204/MENKES/SK/X2004 Tantang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Pada Rumah Sakit Pemerintah Di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan ”

Implementasi kebijakan kesehatan lingkungan rumah sakit di kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1204/MENKES/SK/X2004 Tantang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit Pada Rumah Sakit Pemerintah RSUD Dr. H. Moch Saleh kota Banjar

Beberapa kesimpulan diseratasi yaitu : pertama, RSUD Dr.H.Moch Ansari beserta pejabat stuktural dan petugas terkait terlibat dalam implementasi kebijakan persyaratan kesehatan lingkungan, kedua, peraturan Menteri sudah lama ada namun tidak disosialisasikan sehingga belum diketahui secara menyeluruh oleh petugas yang terkait, ketiga, kepatuhan pejabat petugas terkait dalam implementasi berdasarkan atas tugas tanggungjawab dalam jabatannya, namun dalam pelaksanaannya masih belum ada dukungan kepastian dan penguatan pelaksanaan di daerah dalam bentuk sebuah dasar hukum, dan yang terakhir pengaruh implementasi paraturan menteri tersebut telah ada pengelolaan, perbaikan kesehatan lingkungan rumah sakit meskipun belum optimal tetapi sudah dapat menjadi rujukan, percontahan bagi rumah sakit lainnya.

Adapun saran Muhammad Tahdi  dalam penelitiannya adalah Untuk kepatuhan pejabat petugas terkait dalam implementasi berdasarkan atas tugas tanggungjawab dalam jabatannya, maka pejabat mengaku kepentingan lebih memperjelas yang secara konkrit dan dokumentasi untuk menguat bahwa implementasi kesehatan lingkungan adalah bagian tugas yang harus dilaksanakan oleh rumah sakit secara baik sehingga Meningkatkan komitmen dan kepedulian bagi pejabat struktural dan petugas terkait yang terlibat dalam implementasi kebijakan persyaratan kesehatan lingkungan sebagai bagian preventif yang penting bagi rumah sakit. 

Sumber Berita: warta17agustus.com

Bagikan

Comments (0)

Silahkan Tinggalkan Komentar