Mahasiswa Administrasi Publik Untag Surabaya Lolos Program Wirausaha Merdeka Tahun 2023

Jumat, 12 Januari 2024 - 09:46:10 WIB
Dibaca: 182 kali

Mahasiswa Administrasi Publik Untag Surabaya Lolos Program Wirausaha Merdeka Tahun 2023

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memberikan peluang kepada mahasiswa S1 untuk mengeksplor kemampuan diri menjadi wirausahawan muda melalui program MBKM Wirausaha Merdeka. 

Ryan Gymnastiar salah satu mahasiswa Administrasi Publik Semester 5 turut ikut serta salam program Wirausaha Merdeka tahun 2023. Sebelum melaksanakan program tersebut, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilewati oleh mahasiswa yakni pertama; tahapan pendaftaran, mahasiswa perlu melengkapi persyaratan Administrasi yang telah ditentukan serta mendapatkan surat rekomendasi dari Kaprodi masing-masing jurusan, kedua; tahap seleksi, mahasiswa perlu mengikuti tes Kebhinekaan dan tes psikotes untuk mengetahui kemampuan mahasiswa, ketiga; tahap pengumuman dan penandatanganan surat pernyataan kesanggupan magang. 

Setelah dinyatakan lolos, Ryan mengikuti kegiatan magang bersama UMKM yakni di UMKM Cita Rasa Alami yang bertempat di Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, yakni pre-immersion, lalu immersion, dan yang terakhir post-immersion. Pada tahap post-immersion, mahasiswa diberi kesempatan untuk berjualan di Bazar Wirausaha Merdeka Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

Selama mengikuti kegiatan Ryan tidak mengalami kendala dan hambatan, Ryan dan tim membuat sebuah inovasi baru dari produk UMKM mitra. Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka diharapkan dapat memberikan lapangan pekerjaan baru serta memperluas jaringan bersama mitra-mitra lain. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya