INTIP SALAH SATU KEGIATAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR BATCH 5 DI SDN WONOCOLO 4 SIDOARJ

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:48:20 WIB
Dibaca: 211 kali

INTIP SALAH SATU KEGIATAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR BATCH 5 DI SDN WONOCOLO 4 SIDOARJ

Kampus Mengajar merupakan salah satu Program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu mahasiswa Administrasi Publik berkesempatan untuk mengikuti Program Kampus Mengajar. Gerry Wahyu Berlia merupakan mahasiswa semester 5 yang berkesempatan mengikuti program tersebut. Berlia ditempatkan di SDN  Wonocolo 4 Sidoarjo, Jawa Timur. 

Ada beberapa seleksi yang dilakukan Berlia sebelum bisa mengajar di SDN Wonocolo 4. Pertama adalah seleksi Administrasi, yang mana mahasiswa harus menyiapkan beberapa dokumen yang sudah menjadi persyaratan untuk mendaftar di laman MBKM. Kedua, tes tulis yang terdiri dari tes Kebhinekaan serta tes Kemampuan Literasi dan Numerasi. Ketiga, pengumuman dan penempatan mengajar. 

Berlia menyampaikan pengalaman selama mengikuti program Kampus Mengajar. “Sebelum kegiatan  mengajar dimulai, saya sudah memiliki beberapa program kerja yang akan di terapkan, salah satunya membentuk klinik darurat yang diberi nama Klinsi (Klinik Literasi dan Numerasi). Progtam tersebut dibuat khusus nya untuk siswa memiliki kebutuhan khusus yang belum dapat membaca dan menulis dengan baik dan benar”. Program Klinsi yang dilakukan oleh Berlia membawa dampak positif bagi SDN Wonocolo 4. Para murid yang memiliki kebutuhan istimewa dapat mengikuti dan memiliki peningkatan dapat membaca moduk yang telah dibuat oleh Berlia. Selain itu, Berlia mengadakan Program SDGs, yang bertujuan untuk seluruh murid dan civitas sekolah dapat menjaga lingkungan dengan melakukan pembaharuan taman yang me jadi ikon sekolah tersebut.  

Selama mengikuti program ini Berlia tidak merasa mengalami kesulitan, sehingga dapat menjalankan program dengan baik dan lancar. Tetapi, Berlia menyampaikan hambatan saat melaksanakan beberapa program, antara lain persetujuan Kepala Sekolah dan Pendanaan saat melakukan sebuah program. 

Berlia menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada mahasiswa Administrasi Publik untuk dapat mengikuti program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka secara maksimal, karena setiap program yang ada memiliki keunggulan dan hal baru yang dapat berguna bagi masa mendatang. Dalam program ini, mahasiswa Administrasi Publik dapat mengabdi dan menggali potensi diri untuk mengajar siswa di sekolah-sekolah. 

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya