PENGALAMAN BARU BAGI MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:47:29 WIB
Dibaca: 177 kali

Kampus mengajar merupakan salah satu Program dari MBKM. Ajeng Anindya Murtini merupakan mahasiswa Administrasi Publik yang lolos dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kampus Mengajar Angkatan 4. Ajeng ditempatkan di Blora, Jawa Tengah. 

Ajeng menyampaikan bahwa, kegiatan utama yang dilakukan mahasiswa dalam menjalankan Program Kampus Mengajar yakni pada Literasi dan Numerasi. Pada program literasi berfokus pada angket baca, dengan cara membiasakan murid membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Sedangkan, pada program numerasi, murid diajarkan jarimatika dan jam numerasi. 

Tidak hanya itu, Ajeng menyampaikan bahwa ada Program lain yang telah dibuat yakni membiasakan murid untuk membawa bekal dan makan bersama setiap hari Sabtu dengan menu bekal 4 sehat 5 sempurna, ekstra baca tulis Al-Qur'an dan tari, serta  pembuatan tong sampah untuk membantu siswa memilah sampah organik dan anorganik, dan yang paling utama yakni pojok baca. Beberapa program tersebut ada karena menyesuaikan dengan permasalahan yang ada di sekolah binaan. 

Selama terlaksananya program Kampus Mengajar Ajeng mengalami beberapa kendala. Kurang maksimalnya infrastruktur sekolah dan jauhnya jarak tempuh menuju sekolah merupakan kendala yang dialami oleh Ajeng. 

Ada beberapa tahapan yang Ajeng lalu sebelum akhirnya lolos pada Program Kampus Mengajar Angkatan 4. Pertama, pada proses pendaftaran melengkapi berkas pendaftaran seperti sptjm, transkrip nilai, surat sehat, kartu studi, surat rekomendasi dan pembuatan buku rekening BRI. Kedua, seleksi mengerjakan soal CAT literasi dan numerasi dan Ketiga, pengumuman penerimaan peserta kampus mengajar dilihat di akun mbkm masing-masing.

Melalui artikel ini, Ajeng menyampaikan pesan dan kesan selama mengikuti Program Kampus Mengajar. “Selain mendapatkan pengalaman mengikuti Mbkm Kampus Mengajar, program ini dapat melatih cara menghadapi siswa-siswi serta mendapatkan teman baru dari kampus yang berbeda-beda. Tidak hanya itu mengikuti MBKM Kampus Mengajar dapat mempersiapkan diri untuk nantinya terjun langsung dalam dunia pekerjaan dan pendidikan”.-Ujarnya 

Motivasi untuk dulur publik dari Ajeng yakni “Kepada dulur publik harus terus mengeksplor diri untuk menjadi mahasiswa yang cerdas, kreatif dan inovatif dengan mengikuti berbagai program yang telah disediakan salah satunya yaitu dengan mengikuti MBKM Kampus Mengajar yang memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu membekali mahasiswa dengan berbagai keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran”. Ujar ajeng sebagai penutup artikel berita ini. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya