JELAJAHI PENGALAMAN BARU MENJADI ENTREPRENEUR MUDA MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:46:09 WIB
Dibaca: 180 kali

JELAJAHI PENGALAMAN BARU MENJADI ENTREPRENEUR MUDA MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA

Wirausaha Merdeka merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023. Melalui program ini mahasiswa dapat menunjukan segala ide dan mengembangkan jiwa wirausaha  melalui aktivitas di luar jadwal perkuliahan. Salah satu mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Untag Surabaya Rosalina Berliana Permata S mengikuti program Wirausaha Merdeka. Dalam kesempatan kali ini Rosa memiliki kesempatan untuk belajar secara langsung dengan UMKM Cita Rasa Alami yang bertempatkan di Jeruk Gang Buntu RT 4, RW 2, Jeruk, Lakarsantri, Surabaya. 

Sebelum melakukan kegiatan magang di UMKM, peserta WMK harus melalui beberapa tahapan dari mulai proses pendaftaran hingga akhirnya dinyatakan lolos. Pada proses pendaftaran mahasiswa membuat akun di website wirausaha merdeka. Terdapat beberapa berkas yang perlu untuk disiapkan yaitu surat rekomendasi dari Kaprodi, surat KHS dan beberapa surat ketentuan lainnya. Dalam program ini tidak ada seleksi khusus, setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti yang ada.  

Adapun kegiatan yang dilakukan Rosa selama mengikuti WMK yakni terbagi menjadi 3 tahapan yaitu Pre-Immersion, Immersion, dan Demo day. Pada tahap pertama yaitu Pre-Immersion dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2023 dengan tujuan untuk pembelajaran pengetahuan dan kemampuan dasar entrepreneur. Pre-Immersion, tahap selanjutnya yaitu tahap Immersion yang dimulai pada tanggal 20 September 2023. Tahap ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa terjun langsung untuk  melihat proses bisnis UMKM secara nyata. Tahap terakhir program Wirausaha Merdeka yakni Demo Day yang dilakukan di bulan November dengan tujuan berfokus pada proses market validation, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk memulai bisnis.

Selama mengikuti program WMK Rosa mengalami sedikit kendala saat tahap immersion, pada tahap ini Rosa merasa kesulitan karena bentroknya jadwal magang di UMKM dengan jadwal perkuliahan. 

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Rosa selama mengikuti program ini. Rosa menyampaikan kepada dulur publik untuk dapat mengikuti program WMK. Dengan mengikuti program ini Mahasiswa Administrasi Publik akan mendapatkan pengalaman dan belajar hal baru mengenai wirausaha dan dapat menjadi bekal untuk berjiwa entrepreneur sejak muda. 

“Gunakan masa mudamu dengan sebaik mungkin, aktif sana sini ikut program apapun itu tidak masalah. carilah pengalaman di berbagai bidang dengan mencoba hal-hal baru. beranilah untuk mencoba, jangan takut gagal untuk mencoba”. -ujar Rosa sebagai kalimat motivasi untuk dulur publik. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya