Keseruan Mahasiswa Administrasi Publik Dalam Mengikuti Kegiatan PMM 4 tahun 2023

Rabu, 10 Januari 2024 - 13:44:55 WIB
Dibaca: 197 kali

Keseruan Mahasiswa Administrasi Publik Dalam Mengikuti Kegiatan PMM 4 tahun 2023

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kemendikbudristek dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Banyak sekali mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang mengikuti kegiatan ini, salah satunya Maria Alesia Ngewi dari Program Studi Administrasi Publik yang ditempatkan di Universitas Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung. Maria merupakan perwakilan dari Untag Surabaya yang ditempatkan di Bandar Lampung. 

Mengikuti PMM di Bandar Lampung menjadi pengalaman yang seru bagi Maria, karena dapat mengikuti kegiatan Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi dan Kontribusi Sosial secara langsung. Banyak hal baru yang dapat dirasakan oleh Maria selain mengikuti kegiatan pembelajaran di lingkungan Universitas Bandar Lampung. 

Sebagai perwakilan mahasiswa PMM Kota Bandar Lampung, Maria mengalami beberapa kendala saat melaksanakan program tersebut.  Maria merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar, karena perbedaan bahasa, budaya, dan adat istiadat nya. Tetapi Maria berusaha untuk dapat menerima perubahan tersebut dan mencoba untuk beradaptasi.  

Selama menjadi mahasiswa PMM, Maria mengalami culture shock dengan lingkungan, makanan dan bahasa.  “Saat mengikuti PMM kemarin sempat shock karena di Bandar Lampung kendaraan lalu lintas sangat gesit  dibandingkan di Surabaya. kemudian makanannya  cenderung lebih pedas dan asin dibandingkan dengan makanan Surabaya. Saya juga shock dengan bahasa yang digunakan, karena di Lampung tidak menggunakan bahasa daerah melainkan menggunakan bahasa Jawa.Ternyata hal tersebut terjadi karena dahulu banyak orang jawa yang bermigrasi  ke Bandar Lampung”-ujarnya. 

Menurut Maria, salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini, kesan mengikuti PMM sangat senang karena mendapatkan keluarga baru dari teman, dosen dan LO kegiatan PMM. Maria merasa bersemangat dalam mengikuti PMM pada kegiatan Modul Nusantara karena dapat mengeksplor banyak tempat, budaya,dan kuliner khas daerah Lampung. 

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan PMM, Maria menyampaikan beberapa pesan, yakni “Menjadi mahasiswa PMM harus memiliki rasa semangat yang tinggi, menjaga etika dan moral karena mahasiswa PMM tidak hanya membawa nama pribadi melainkan membawa nama Program Studi dan pastinya membawa nama Universitas”. Membuat nama Universitas di kenal dalam berbagai kalangan merupakan suatu hal yang bagus dan membanggakan. Maria berharap pada PMM kedepannya semakin banyak dulur publik yang mengikuti program tersebut.             

“Dengan ada berbagai program merdeka belajar: bisa banyak mendapatkan pengalaman wawasan baru yang berguna untuk masa mendatang, dengan mengikuti program PMM akan mendapatkan relasi yang luas dan mengetahui keberagaman yang ada di Indonesia. Mengikuti program PMM akan mendapatkan Benefit berupa uang saku tiap bulan dan sertifikat yang akan diberikan pada akhir kegiatan”- ujar Maria sebagai penutup artikel berita ini. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya