PENGEMBANGAN SKILL MELALUI PROGRAM MSIB BATCH 5 DI KELURAHAN TAKBAKREJO SURABAYA

Kamis, 04 Januari 2024 - 09:43:39 WIB
Dibaca: 173 kali

PENGEMBANGAN SKILL MELALUI PROGRAM MSIB BATCH 5 DI KELURAHAN TAKBAKREJO SURABAYA

Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat merupakan Program yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi  yang dilakukan untuk pengembangan karier yang komprehensif bagi mahasiswa. Kegiatan MSIB Batch 5 ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu Fransiskus Ari Nugraha yang merupakan mahasiswa aktif semester 7 dari Program Studi Administrasi Publik. 

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan MSIB Bacth 5 wajib mengikuti beberapa tahapan sebelum akhirnya dinyatakan lolos magang. “Awalnya saya melakukan pengumpulan berkas-berkas yang dibutuhkan mulai dari (SR, SPTJM, CV, KTP, dan lain sebagainya), Setelah itu, ada yang namanya tes kebinekaan dari pihak Dikti yang wajib untuk diikuti dan tes kemitraan dari Dispendukcapil Kota Surabaya yang membahas seputar pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan secara umum, dan menunggu hasil pengumuman”.-ujarnya. 

Dalam program MSIB Batch 5 kali ini dilaksanakan pada Semester Gasal tahun 2023/2024. Fransiskus Ari Nugraha mengikuti Program MSIB Batch 5 dengan penempatan di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto, Surabaya. Melalui program ini banyak sekali pengalaman baru untuk mengembangkan skill yang Fransiskus Ari Nugraha alami. 

Kegiatan yang dilaksanakan Fransiskus  Ari pada MSIB Batch 5 yakni terfokus pada program yang ada di kelurahan terkait kalimasada dan membantu staff di kelurahan dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan serta pengelolaan media sosial dari Kelurahan Tambakrejo. “Dalam pelaksanaan program selama MSIB terdapat beberapa kesulitan waktu pelaksanaan program, yakni Kalimasada yang mana  harus bisa menyesuaikan jam dari pak RT dan RW untuk bisa mensosialisasikan program tersebut agar mampu blusukan terjun ke warga-warga”-ujarnya. 

Fransiskus Ari juga menyampaikan kesan dan pesan nya ketika mengikuti kegiatan MSIB Bacth 5 di Kelurahan Tambakrejo, “Mengikuti kegiatan magang merupakan pengalaman yang seru, karena dapat mengetahui keadaan yang dihadapi oleh warga di Tambakrejo. Selain itu, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana tata kelola mengenai kepengurusan administrasi kependudukan serta mendapatkan ilmu baru dan setelah kegiatan ini berakhir diharapkan pihak kelurahan kelurahan terus menggalakan program kalimasada agar warga bisa sadar akan pentingnya hal dasar untuk mengurusi mengenai administrasi kependudukan”. 

Dengan adanya program MSIB diharapkan mahasiswa dapat semangat dalam mengikuti program-program yang dirancang oleh Kemendikbudristek, karena hal ini dapat meningkatkan soft skill dan Hard skill yang berguna untuk dunia kerja. Fransiskus Ari menyampaikan motivasi kepada dulur publik untuk “Teruslah berkarya di masa muda ini, jangan sia siakan program yang telah diberikan oleh Kemendikbudristek. Karena program program ini kelak akan menjadikan diri anda bisa berkembang lebih unggul demi Indonesia emas”.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya