PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

Rabu, 16 Agustus 2023 - 09:36:03 WIB
Dibaca: 90 kali

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK

Pada hari Rabu, 02 Agustus 1945 Surabaya beberapa dosen program studi Administrasi Publik bersama dengan dosen program studi Ilmu Komunikasi dan Administrasi Niaga dengan Ketua kegiatan Pengabdian Masyarakat yaitu Drs. Radjikan, M.Si telah melaksanakan program pengabdian masyarakat di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Program pengabdian masyarakat dengan kegiatan “Penyuluhan, Pendampingan dan Pemberdayaan Administrasi Pemerintahan Desa” ini secara resmi dibuka oleh Camat Rejoso yaitu Drs. Darmantono dan pada pembukaan ini Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTAG Surabaya yaitu Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, MP juga berkesempatan memberikan sambutan dalam pembukaan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan pada Desa Sambikerep dan Desa Wengkal akan tetapi dalam pelaksanaannya dijadikan satu di Desa Sambikerep. Dalam kegiatan ini terdapat 9 bidang di dalamnya meliputi APBDes, BUMDes, Aset Desa, Peraturan Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pelayanan Publik, Komunikasi Publik, Kewirausahaan, dan Pemberdayaan Karang Taruna. Pada masing-masing bidang diwakili oleh masing-masing desa 1 orang serta dari pelaksana pengabdian diwakili oleh 2 sampai 3 dosen.

Masing-masing bidang yang ada melakukan kegiatan sharing dengan masing-masing perwakilan desa mengenai bidang tersebut maupun permasalahan yang mereka hadapi dalam bidang tersebut, sehingga dalam kesempatan ini dosen dapat memberikan masukan untuk pengembangan maupun penyempurnaan yang selama ini belum ada. Seperti pada bidang peraturan desa, disampaikan bahwa banyak desa yang aturannya belum diformalkan atau berupa peraturan desa sehingga suatu saat jika terdapat masalah baru akan muncul perlunya peraturan desa sebagai dasar melakukan kebijakan-kebijakan.

Masyarakat desa benar-benar merasa mendapat keuntungan besar melalui kegiatan pengabdian ini dikarenakan adanya kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat bagi desa tersebut bahkan menganggap bahwa kegiatan pengabdian ini sudah seperti melaksanakan kuliah singkat secara gratis. Pada pelaksanaan kegiatan, ketua pelaksana menyampaikan bahwa kendala pada prinsipnya tidak berarti dan dalam pelaksanaanya juga berjalan dengan lancar. 

Sementara itu ketua pelaksana juga menyampaikan harapan dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat terus berlangsung tidak berhenti disini, selain peserta yang bertambah diharapkan dosen yang mengikuti kegiatan pengabdian juga semakin banyak tidak hanya sembilan bidang yang ada akan tetapi bidang-bidang lainnya juga, diharapkan semakin banyak dukungan dari pihak-pihak lain baik dari Universitas, Fakultas, Program Studi maupun pihak lain, serta diharapkan terus ada tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan” – Ucap Drs. Radjikan, M.Si selaku ketua pelaksana.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya