KEGIATAN PERTUKARAN MAHASISWA MANDIRI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Kamis, 12 Januari 2023 - 21:24:05 WIB
Dibaca: 187 kali

KEGIATAN PERTUKARAN MAHASISWA MANDIRI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri atau biasa disebut dengan PPM yang dilaksanakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah selesai dilaksanakan pada semester gasal ini.

Terdapat empat mahasiswa dari program studi Administrasi Negara Untag Surabaya yang telah mengikuti program ini. Pada pelaksanaan program, mahasiswa yang mengikuti program ini melakukan kegiatan perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di mana dalam program PMM juga merupakan program yang menawarkan keragaman serta pengalaman budaya dengan sistem transfer kredit hingga kurang lebih sejumlah 20 Sistem Satuan Kredit.

Mata kuliah yang ditawarkan pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ini di antaranya meliputi mata kuliah Kebijakan Penduduk, Analisis dan Manajemen Aset Daerah, Aplikasi Komputer, Pemerintah Daerah, Teori Politik, Manajemen Arsip dan Perkantoran, dan Governansi Digital. 

Tidak hanya kegiatan pembelajaran perkuliahan saja, akan tetapi juga dilakukan kegiatan lainnya seperti kuliah tamu dengan pemateri dari anggota DPRD, melakukan penelitian dan wawancara, melakukan pembelajaran di ruang laboratorium, dan beberapa kegiatan lainnya.

Menurut Astrid, salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini, kesan dalam mengikuti program ini baginya sangat senang sekali karena dapat merasakan sensasi belajar di kampus lain serta memberikan pengalaman untuk menambah relasi dan bertukar pengetahuan. Selama pelaksanaan program ini, Astrid menyampaikan bahwa tidak ada kendala dalam pelaksanaan kegiatan dikarenakan dalam pelaksanaannya benar-benar dibimbing oleh Kaprodi serta teman-teman yang sangat siap memberikan informasi mengenai perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Berbekal pengalaman yang telah Astrid peroleh dan telah dirasakan dalam program ini, Astrid menyampaikan pesan kepada mahasiswa-mahasiswa lain yang belum mengikuti program ini bahwa adanya kerja sama terkait Pertukaran Mahasiswa Mandiri sangat memberikan informasi maupun pengetahuan baru yang dapat kita rasakan serta memberikan manfaat yang baik bagi kedua Universitas.

“Program ini sangat berkesan dan sangat direkomendasikan untuk diikuti” – ucap Astrid sekaligus menutup artikel berita kali ini.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya