SIMAK KEGIATAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SMP KALIJOGO WATES

Rabu, 02 November 2022 - 17:39:04 WIB
Dibaca: 190 kali

SIMAK KEGIATAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SMP KALIJOGO WATES

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang cukup banyak dinikmati oleh para mahasiswa. Seperti pada mahasiswa program studi Administrasi Negara Untag Surabaya salah satunya yaitu mahasiswa Camelle Aqila. Camelle Aqila mengikuti program Kampus Mengajar ini dan setelah melalui rangkaian seleksi Camelle ditempatkan mengajar di SMP Kalijogo Wates.

Kesan awal Camelle mengajar di SMP Kalijogo Wates ini sangat terkejut pada awalnya dikarenakan masih ditemukan siswa-siswi yang belum lancar dalam membaca maupun menulis sehingga Camelle bingung ingin memberikan model pembelajaran seperti apa.

Melihat hal tersebut, Camelle merasa jika siswa-siswi diberikan model pembelajaran dengan materi yang sama pasti siswa-siswi tersebut masih tidak paham, akan tetapi seiring berjalannya waktu siswa-siswi di SMP Kalijogo Wates ini cukup berantusias dengan adanya mahasiswa program Kampus Mengajar sehingga Camelle menjadi tidak merasa canggung maupun kesulitan saat melakukan pembelajaran.

Kondisi SMP Kalijogo Wates menurut Camelle banyak fasilitas yang tidak dimanfaatkan dengan baik seperti ruang musik, perpustakaan, laboratorium, ruang komputer, ruang UKS, dan juga ruang OSIS maupun Pramuka yang sudah tidak berjalan kurang lebih 2 tahun akibat tidak ada pembina yang menangani. Selain kurangnya pemanfaatan fasilitas, terkait guru pengajar juga dirasa masih kurang, banyak guru pengajar yang merangkap mengajar 2 mata pelajaran yang berbeda.

Pada pelaksanaan program ini, kegiatan yang dilakukan Camelle di SMP Kalijogo Wates ini yaitu menuntaskan anak yang belum bisa lancar membaca maupun menulis, mengajarkan adaptasi teknologi, serta membantu administrasi sekolah. Sementara itu untuk kendala yang Camelle rasakan saat mengikuti program ini di SMP Kalijogo Wates yaitu adanya kendala jaringan internet yang lemah saat melaksanakan program adaptasi teknologi, apalagi adaptasi teknologi dilaksanakan setiap hari sehingga cukup memakan waktu yang banyak untuk menghubungkan ke jaringan internet.

Berbekal pengalaman yang Camelle rasakan saat mengikuti program ini, Camelle berpesan untuk teman-teman mahasiswa lainnya yang juga mengikuti program ini.

“Semangat buat teman-teman yang sedang belajar sambil berdampak buat adik-adik, semoga ilmu yang dibagi untuk adik-adik menjadi berkah dan untuk teman-teman yang belum sempat bergabung di program Kampus Mengajar batch 4 yuk ikut berdampak di Kampus Mengajar batch 5 membantu adik-adik di luaran sana yang membutuhkan bantuan kita”. – Ucap Camelle Aqila sekaligus menutup artikel berita kali ini.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya