KAMPUS MENGAJAR BATCH 4 DI SDN MENTIKAN 6 KOTA MOJOKERTO

Rabu, 02 November 2022 - 17:38:20 WIB
Dibaca: 151 kali

KAMPUS MENGAJAR BATCH 4 DI SDN MENTIKAN 6 KOTA MOJOKERTO

Salah satu mahasiswa program studi Administrasi Negara Untag Surabaya telah melaksanakan program Kampus Mengajar Batch 4 dengan penempatan di SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto. Mahasiswa tersebut yaitu Soffanah Dina Pratiwi.

Kesan awal Soffanah berkesempatan mengajar di SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto ini cukup terkejut dengan berbagai kondisi siswa yang mayoritas belum bisa membaca dan beberapa ada yang belum bisa mengenal huruf maupun angka. Hal tersebut tidak hanya Soffanah temukan di siswa dengan kelas tingkat 1,2,dan 3 saja namun di kelas tingkat 4 dan 5 juga masih banyak ditemukan siswa yang kesulitan dalam hal literasi serta numerasi.

Bagi Soffanah, kondisi SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto ini cukup baik dan fasilitas juga memadai. Akan tetapi dengan fasilitas yang memadai ini kurang dimanfaatkan oleh warga sekolah baik guru pengajar maupun siswanya. Sedangkan untuk tenaga pengajar di SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto ini juga sudah baik akan tetapi untuk staf tata usaha maupun administrasi masih mengalami kekurangan tenaga.

Sementara itu adapun kegiatan yang Soffanah lakukan dalam melaksanakan program ini di SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto yaitu pendampingan literasi dan numerasi bersama dengan guru kelas 1 sampai dengan 6 secara bergantian setiap harinya, intensif kelas literasi dan numerasi siswa kelas 1-6 yang dilakukan secara bergantian, administrasi perpustakaan, adaptasi teknologi, membantu administrasi terkait akreditasi sekolah bersama dengan bapak atau ibu guru, membantu pelaksanaan ANBK.

Sejauh ini saat menjalankan program Kampus Mengajar di SDN Mentikan 6 Kota Mojokerto, kendala yang dialami Soffanah yaitu menghadapi siswa yang memiliki attitude yang kurang sopan kepada guru atau pengajar. Mayoritas siswa di sekolahan ini mempunyai pekerjaan seperti berjualan dan pengamen jalanan, sehingga para guru juga menyadari kondisi ekonomi siswa serta kondisi saat siswa melaksanakan pembelajaran banyak yang tertidur maupun banyak yang tidak masuk sekolah karena terlalu lelah bekerja hingga larut malam.

Soffanah mengikuti program Kampus Mengajar ini tentunya untuk menambah pengalaman baru atau menambah relasi dengan berbagai pihak. Meskipun Soffanah berkuliah pada bidang yang non pendidikan atau pengajaran, dirinya mau membantu untuk turut serta memajukan masa depan bangsa melalui pendidikan anak-anak serta memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia khususnya yang berdampak. 

Terakhir, bagi Soffanah dengan mengikuti program Kampus Mengajar ini selain memberikan manfaat pengetahuan dan pengalaman yang baru juga memberikan manfaat mendapatkan biaya hidup atau keringanan untuk uang kuliah sehingga dapat membantu meringankan beban orang tua. Jadi mengikuti program Kampus Mengajar Batch 4 ini memberikan banyak manfaat bagi Soffanah.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya