INTIP KEGIATAN SALAH SATU MAHASISWA UNIVERSITAS CENDANA KUPANG YANG MENGIKUTI PMM

Senin, 17 Oktober 2022 - 07:43:12 WIB
Dibaca: 304 kali

INTIP KEGIATAN SALAH SATU MAHASISWA UNIVERSITAS CENDANA KUPANG YANG MENGIKUTI PMM

Pertukaran Mahasiswa Merdeka atau biasa disebut dengan PMM merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pada PMM batch 2 ini, banyak sekali mahasiswa dari luar jawa yang mengikuti program ini di Untag Surabaya. Salah satunya mahasiswa semester 4 dari Universitas Cendana Kupang yaitu Regina Ngete Wondo.

Mengikuti program PMM di Untag Surabaya merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi Regina, ada banyak hal-hal baru yang dirinya temukan baik dari budaya perkuliahan, bahasa, aksen bicara, dan beberapa lainnya yang membuat Regina mengetahui dan memperoleh pengetahuan baru.

Sejauh ini saat mengikuti program PMM di Untag Surabaya, Regina merasa semuanya berjalan lancar dan dapat diterima dengan baik. Hanya saja mungkin dalam penggunaan bahasa dalam pembelajaran di kelas yang terkadang masih menggunakan Bahasa Jawa, membuat Regina sulit untuk memahaminya. Akan tetapi dibalik kendala tersebut, Regina juga menjadi dapat ilmu baru dan sedikit demi sedikit dapat memahami bahasa Jawa. 

Kegiatan pembelajaran di Untag Surabaya menurut Regina hampir sama dengan kegiatan pembelajaran di kampus asalnya. Namun Regina merasakan bahwa pembelajaran di Untag Surabaya ini serius akan tetapi santai sehingga mahasiswa diberikan ruang kebebasan namun masih dalam batas wajar serta bertanggung jawab. 

Selain mengikuti perkuliahan, pada program ini Regina juga mengikuti kegiatan Modul Nusantara dimana Modul Nusantara ini memiliki bobot 4 SKS dan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan Modul Nusantara ini biasanya mengunjungi tempat-tempat wisata, tempat bersejarah, kebudayaan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Kebhinekaan. Mengikuti program ini tidak menghambat Regina untuk mengikuti kegiatan lainnya seperti saat ini dirinya aktif di suatu organisasi serta Duta. 

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program PMM seperti yang telah Regina rasakan ini, Regina berpesan bahwa “Sebagai orang muda harus bisa keluar dari zona nyaman dan berani mencoba hal baru”, jangan pernah mempertahankan diri dengan kondisi kenyamanan yang ada karena jika kita terus berada di kondisi tersebut maka kita tidak akan mampu mengembangkan diri kita.

“Sebagai mahasiswa kita adalah generasi muda emas Indonesia di tahun 2045 yang dimana di waktu saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mencoba hal baru, belajar banyak hal, dan mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah didatangi. Dengan mengikuti PMM ini semua hal baru dan pengalaman baru bisa kita dapatkan, tentunya hal-hal tersebut akan menjadi perjalanan hidup kita kedepannya. Cintai proses dan belajarlah terus selagi masih diberikan kesempatan hidup oleh Tuhan” – Ucap Regina selaku mahasiswa PMM di Untag Surabaya asal Universitas Cendana Kupang.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya