PROSES SELEKSI HINGGA PELAKSANAAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MANDIRI

Selasa, 07 Juni 2022 - 09:09:15 WIB
Dibaca: 334 kali

PROSES SELEKSI HINGGA PELAKSANAAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MANDIRI

Pertukaran mahasiswa mandiri merupakan suatu kegiatan pembelajar yang dilakukan oleh mahasiswa di luar program studinya di Perguruan Tinggi asal maupun di Perguruan Tinggi lain di dalam negeri maupun luar negeri. Adanya pertukaran mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar mahasiswa. 

Program studi Mahasiswa Administrasi Negara Untag Surabaya sangat memiliki antusias yang cukup tinggi untuk mengikuti program ini, salah satunya yaitu Ratnasari, mahasiswa angkatan tahun 2020. Saat ini Ratnasari mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dengan kampus Universitas Hangtuah Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dalam mengikuti program ini, proses seleksi yang Ratnasari ikuti dimulai dengan mendaftar pada link yang disediakan dengan menyertakan surat ijin orang tua untuk melaksanakan program ini serta kesanggupan mengikuti program ini. Untuk rangkaian seleksi yang dilalui yaitu seleksi wawancara dengan beberapa dosen dan wawancaranya seputar apa motivasi mahasiswa mengikuti program pertukaran mahasiswa mandiri ini.

Mengikuti program ini memberikan kesan yang sangat senang bagi Ratnasari, dikarenakan dapat bertemu dengan mahasiswa dari kampus lain serta dapat menambah pengetahuan sekaligus wawasan baru. Ratnasari juga merasa senang dengan para dosen dari PT Penerima yang sangat ramah menyambut mahasiswa dari Untag. Untuk kegiatan pembelajaran dalam program pertukaran mahasiswa mandiri ini sama seperti pembelajaran biasanya dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara hybrid. 

Berbekal dari pengalaman yang diperoleh Ratnasari dalam mengikuti program ini, Ratnasari menyampaikan pesan kepada teman-teman mahasiswa lainnya bahwa kedepannya teman-teman mahasiswa dapat berantusias mengikuti program ini dan jangan takut untuk memulai suasana baru dan pertemanan baru, dikarenakan dalam mengikuti program ini kita tidak akan terasingkan. Sementara itu untuk harapan yang diinginkan Ratnasari yakni di semester depan berharap bahwa program pertukaran mahasiswa mandiri ini masih tetap ada, karena dengan program ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta terdapat juga beberapa mata kuliah yang berbeda dari Perguruan Tinggi asal dan dengan mengikuti program ini tentunya akan menjalin relasi yang luas dengan mahasiswa kampus lain.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya