INTIP KEGIATAN PROYEK MEMBANGUN DESA DI DESA MOJOMALANG KABUPATEN TUBAN

Senin, 23 Mei 2022 - 10:29:58 WIB
Dibaca: 244 kali

INTIP KEGIATAN PROYEK MEMBANGUN DESA DI DESA MOJOMALANG KABUPATEN TUBAN

Proyek membangun desa merupakan salah satu program yang ditujukan untuk mahasiswa yang ingin mengabdi kepada masyarakat dan mempraktekkan materi yang telah dipelajari selama di perkuliahan untuk diterapkan di lingkungan masyarakat. Pada proyek membangun desa ini mahasiswa diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintahan di desa tersebut. Antusias mahasiswa program studi Administrasi Negara Untag Surabaya dalam mengikuti program ini cukup banyak, salah satunya yaitu antusias dari mahasiswa Theresia Arcell Arinjani Marsudi yang merupakan mahasiswa angkatan tahun 2019. 

Pada program ini, Theresia ditempatkan di Kantor Kepala Desa tepatnya di Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Theresia menyampaikan bahwa fokus yang dilakukan dalam proyek membangun desa dengan latar belakang dirinya yang merupakan mahasiswa program studi Administrasi Negara maka fokusnya pada pengembangan sumber daya manusia baik seluruh perangkat desa dan seluruh warga di desa Mojomalang untuk siap digitalisasi pelayanan serta mempersiapkan sumber daya manusia di desa untuk pelayanan publik yang berbasis digital. Kesan yang dirasakan Theresia dapat mengikuti program ini  tentunya dirinya merasakan keterbukaan dari perangkat desa akan segala permasalahan yang ada. Dalam pelaksanaan program ini Theresia merasakan bahwa sumber daya manusia dari Desa Mojomalang sendiri memang perlu untuk ditingkatkan lagi semangatnya agar desa tersebut semakin maju dan sejauh pelaksanaan program ini, Theresia belum merasakan adanya kendala. 

Dari pengalaman yang Thersia peroleh, dirinya merasakan bahwa program ini sangat menarik dikarenakan dapat mengetahui secara nyata permasalahan apa saja yang ada di desa dan dapat memberikan solusi beserta inovasi yang dapat didiskusikan terlebih dahulu dengan perangkat desa. Theresia juga menyampaikan bahwa saat mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan untuk tidak berlagak mengetahui semua yang ada tentang desa tersebut agar masyarakat setempat dapat lebih terbuka dan percaya pada mahasiswa yang mengikuti program ini. Pengalaman yang dirasakan Thersia tersebut dapat dijadikan suatu tips bagi mahasiswa lainnya yang akan mengikuti program membangun desa dalam kedepannya.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya