PROYEK MEMBANGUN DESA? SEPERTI APA SIH KEGIATANNYA?

Senin, 23 Mei 2022 - 10:28:50 WIB
Dibaca: 247 kali

PROYEK MEMBANGUN DESA? SEPERTI APA SIH KEGIATANNYA?

Proyek membangun desa merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran mahasiswa yang dilaksanakan di desa yang sudah menjadi mitra dengan program studi. Pada proyek ini terdapat beberapa mahasiswa yang telah mengikuti, salah satunya yaitu Nur Sahirah Ramadhaniati yang merupakan mahasiswa program studi Administrasi Negara angkatan tahun 2019 dan melaksanakan program ini di Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Mengikuti program proyek membangun desa ini menurut Nur Sahirah memberikan kesan yang sangat menyenangkan karena aparatur desa setempat mau berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa yang mengikuti program ini dalam hal  membantu tugas dari perangkat desa pada bidang administrasi. Sebelumnya dalam mengikuti program ini, Nur Sahirah melakukan proses pendaftaran dengan membuat proposal untuk kelancaran program ini dan dilanjutkan dengan mengupload proposal pada link google form yang telah diberikan.

Pada program ini kegiatan yang dilakukan oleh Nur Sahirah adalah membantu proses administrasi untuk keperluan masyarakat Desa Mojomalang, namun dibalik kegiatan tersebut Nur Sahirah bersama dengan timnya dalam program ini membuat rencana untuk mengembangkan website seperti tersedianya google form pengajuan keperluan masyarakat agar masyarakat tidak perlu datang ke desa jika memerlukan layanan serta Nur Sahirah ingin fokus pada implementasi digitalisasinya. Sejauh ini pelaksanaan program proyek membangun desa menurut Nur Sahirah belum ada kendala dan akan terus melakukan koordinasi dengan perangkat desa untuk langkah-langkah dari pelaksanaan program yang telah direncanakan.

Mengikuti program proyek membangun desa ini membuat Nur Sahirah merasa senang karena dapat bekerjasama, berdiskusi, berkomunikasi secara baik dengan sesama, dan melatih diri dalam disiplin serta memanajemen waktu yang baik. Dengan mengikuti program ini juga menyadarkan Nur Sahira yang berperan sebagai sosok mahasiswa dimana mahasiswa itu menurutnya harus membantu sesama jika ada yang mengalami kesulitan sehingga dapat menciptakan solidaritas atau hubungan yang kuat antara mahasiswa dengan lingkungan masyarakat. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya