PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN SUMURJALAK III

Selasa, 10 Mei 2022 - 09:06:40 WIB
Dibaca: 215 kali

PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN SUMURJALAK III

Program Kampus Mengajar Batch III pada Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) menjadi salah satu program yang banyak diminati oleh mahasiswa program studi Administrasi Negara Untag Surabaya. Salah satunya yaitu Rini Kusumawati, mahasiswa angkatan 2019 yang telah lolos mengikuti seleksi program Kampus Mengajar dan saat ini sedang melaksanakan program dengan penempatan di SDN Sumurjalak III dengan alamat Dusun Tegalrejo, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. 

Rini Kusumawati menyampaikan bahwa dalam program Kampus Mengajar ini, proses pendaftarannya melalui online atau pada website kampus merdeka kemudian memilih program yang diinginkan dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Untuk seleksi program Kampus Mengajar ini proses seleksi meliputi proses administrasi yang menentukan lolos atau atau tidak, kemudian tes numerasi, literasi, dan wawasan kebangsaan. Setelah seluruh rangkaian tes dilakukan dilanjutkan dengan menunggu hasil pengumuman dan penempatan mengajar jika lolos.

Alasan Rini memilih program Kampus Mengajar yaitu dikarenakan dirinya ingin mencari pengalaman yang berbeda dari non pendidikan ke pendidikan dan relasi, serta ingin mengisi waktu luang pada saat kuliah masih dilaksanakan secara daring. Pada sekolah penempatannya, terdapat 3 program yang dilakukan oleh Rini yaitu mengajar, adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Dalam pelaksanaan program-program ini tentunya Rini mengalami beberapa kendala seperti adaptasi baru dari latar belakang non pendidikan sedangkan di Kampus Mengajar ini harus terjun ke dunia pendidikan.

Pada kesempatan ini dan dengan pengalaman yang telah Rini dapatkan, Rini menyampaikan kesan dan pesannya. Kesan yang Rini dapat adalah  dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dari kampus dan pembekalan, belajar beradaptasi dengan lingkungan baru, lebih tepatnya di bidang mengajar, bisa belajar bagaimana caranya bekerja dengan baik, bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan, belajar disiplin waktu dan target yang harus dicapai dalam bekerja dan belajar bekerja secara berkelompok, yang kegiatannya adalah membagi tugas dan berdiskusi untuk menentukan suatu keputusan. Untuk pesan dan harapannya yaitu “Saya berharap kegiatan Kampus Mengajar ini tetap dipertahankan dan berjalan dengan baik, serta saya harap agar lebih banyak lagi mahasiswa yang mau mengikuti kegiatan ini karena sangat penting bagi kita dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” – Ucap Rini Kusumawati, salah satu mahasiswa yang lolos program Kampus Mengajar Batch III. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya