KEGIATAN PELATIHAN PEMANFAATAN MENDELEY BAGI MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK ANGKATAN 2020

Senin, 18 April 2022 - 11:35:34 WIB
Dibaca: 209 kali

KEGIATAN PELATIHAN PEMANFAATAN MENDELEY BAGI MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK ANGKATAN 2020

Laboratorium Otonomi Daerah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada hari Sabtu, 16 April 2022 telah melaksanakan kegiatan pelatihan pemanfaatan Mendeley dengan narasumber Ibu Dr. Ir. Hanie Teki Tjendani, S.T., M.T. yang merupakan salah satu dosen pengajar di Untag Surabaya dan diikuti wajib oleh mahasiswa program studi Administrasi Negara Untag Surabaya angkatan 2020.

Pada pelatihan ini, narasumber tidak hanya menjelaskan materi mengenai manfaat Mendeley kepada peserta, namun narasumber juga mempraktikkan secara langsung penggunaan Mendeley ini. Dalam penyampaian materi, narasumber menyampaikan mengapa penggunaan Mendeley ini diperlukan oleh mahasiswa yaitu dikarenakan Mendeley merupakan salah satu alat untuk memudahkan dalam mengumpulkan materi penelitian terdahulu, pengutipan dan membuat daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah. Dalam kesempatan ini pula, narasumber menyampaikan mengenai cara mendownload dan menginstal Mendeley Desktop, cara-cara lain jika dalam mendownload mengalami kegagalan, cara membuat akun, cara menambahkan artikel pada library dan menyisipkan nama penulis yang di sitasi, cara membuat daftar pustaka, cara menambahkan library secara manual melalui desktop, cara-cara memparafrase, sampai dengan cara membuat footnote.

Materi-materi yang diberikan sekaligus contoh dalam penggunaan Mendeley yang disampaikan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dalam kesempatan ini narasumber juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin bertanya atau sharing mengenai pemanfaatan Mendeley ini. Harapannya setelah dilaksanakan kegiatan ini, mahasiswa dapat menerima dan mengimplementasikan materi-materi yang diberikan mengenai pemanfaatan Mendeley sehingga dapat membantu mahasiswa dalam pembuatan karya tulis ilmiah. 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya