KATA MAHASISWA TENTANG PERWALIAN DAN KRS SECARA DARING

Senin, 14 Februari 2022 - 16:29:03 WIB
Dibaca: 1002 kali

KATA MAHASISWA TENTANG PERWALIAN DAN KRS SECARA DARING

Perwalian dan penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS) semester genap tahun akademik 2021/2022 telah dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Februari 2022. Sebelumnya dalam edaran Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya disampaikan bahwa perwalian dan KRS semester genap akan dilaksanakan secara luring, namun berdasarkan evaluasi kondisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengenai meningkatnya kasus covid maka diputuskan bahwa perwalian di FISIP dilaksanakan secara daring.

Dalam pelaksanaan penyusunan KRS, mahasiswa program studi Administrasi Negara banyak yang menyampaikan keluhan terlebih yaitu mahasiswa semester 4 keatas dikarenakan untuk mahasiswa semester 2 Kartu Rencana Studi mereka masih dipaketkan dari pihak kampus. Keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa mayoritas mengenai mengalami kendala server SIM Untag yang tidak dapat diakses dan banyak kelas mata kuliah yang sudah penuh sehingga tidak dapat dipilih. Adanya kendala server SIM Untag yang tidak dapat diakses kemungkinan dikarenakan banyaknya mahasiswa yang mengakses server tersebut sehingga server tersebut down. Sedangkan mengenai banyaknya kelas yang penuh tidak dapat dipilih diatasi dengan ditambahnya kuota jumlah mahasiswa di dalam setiap mata kuliah sehingga mahasiswa yang belum dapat bergabung dalam beberapa kelas mata kuliah bisa bergabung kembali.

Dibaliknya adanya kendala-kendala tersebut terdapat banyak mahasiswa yang dapat dengan lancar berkonsultasi kepada dosen wali mengenai mata kuliah apa saja yang dapat mereka ambil pada semester genap ini dan banyak yang sudah menyelesaikan penyusunan Kartu Rencana Studi. Untuk mahasiswa-mahasiswa yang masih terus mengalami kendala dalam perwalian dan KRS ini dilakukan perpanjangan masa perwalian sehingga seluruh mahasiswa yang belum melaksanakan perwalian dan KRS dapat melaksanakan pada waktu perpanjangan perwalian tersebut. Berikut secara langsung kesan dan pesan dari beberapa mahasiswa tentang perwalian dan KRS secara daring sekaligus menutup artikel berita kali ini.

“Untuk kesan dan pesan dalam pelaksanaan perwalian kemarin alhamdulillah dapat berjalan dengan baik. Mengingat saya sudah semester 8 jadi dalam penyusunan mata kuliah tentu sudah tidak ada kebingungan lagi, terlebih lagi di semester 8 ini tinggal mengambil mata kuliah Skripsi. Adapun kendala yang mungkin sudah tidak familiar bagi saya dan teman-teman saat perwalian yaitu kendala teknis dimana SIAKAD sering terjadi down, karena kita tahu banyaknya mahasiswa yang mengakses portal tersebut. Untuk KRS online sendiri dilakukan dengan wali dosen dan Kaprodi alhamdulillah juga berjalan dengan lancar, beliau begitu sigap meskipun KRS dilakukan secara online. Info di grup angkatan juga selalu update, jadi seperti kendala KRS dapat dibahas dan didiskusikan bersama dengan baik. Mungkin untuk kendala yang telah saya sampaikan, saya harap Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bisa terus memperbaiki agar kedepannya proses KRS dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Saran untuk teman-teman yang sekiranya mengalami kendala seperti  kebingungan dalam penyusunan KRS, mata kuliah yang bentrok, dan lain sebagainya saat pelaksanaan perwalian online bisa memanfaatkan grup WhatsApp, sehingga teman-teman yang memiliki kendala yang sama juga bisa sekaligus didiskusikan bersama dengan wali dosen atau Kaprodi yang ada di grup dan juga bersabar agar tidak spam di WhatsApp personal ibu bapak dosen dan Kaprodi. Semangat untuk kita semua dan semoga kita semua sehat selalu” – Ucap Eviana (Mahasiswa program studi Administrasi Negara angkatan tahun 2018)

Selain dari Eviana, terdapat kesan pesan dan saran dari mahasiswa Kresna dari angkatan 2018 juga yaitu Kresna merasa bahwa perwalian dan KRS online yang telah dilaksanakan masih sama seperti sebelumnya yaitu website yang error, lemot, dan lain sebagainnya. Kresna menyampaikan sarannya yaitu dilakukan perbaikan untuk KRS Online dengan peningkatan IT terutama yang berkaitan dengan peningkatan web hosting dan peningkatan kapasitas server website SIM Untag, agar di setiap tahun tidak ada masalah itu terus menerus dan saran agar pembangunan pada Untag Surabaya tidak hanya mengarah pada fisik saja tetapi juga pada sistem informasinya seperti SIM Untag tersebut.

Terakhir, kesan dan pesan sekaligus saran dari Rizky Avina selaku mahasiswa angkatan 2020 yaitu menurut Rizky Avina sistem KRS online ini lebih efektif dan mudah dimengerti dibandingkan dengan harus datang ke kampus dimasa pandemi seperti ini, namun juga ada kendala yang Rizky Avina alami yaitu server SIM Untag yang mengalami down sehingga mempersulit penyusunan KRS, dan saran dari Rizky Avina yaitu untuk mengantisipasi kendala yang di KRS online ini maka sebaiknya pihak kampus mengatur ulang jadwal KRS ini sehingga tidak terlalu banyak mahasiswa yang mengakses SIM Untag dan untuk pihak  sistem informasi kampus harus sigap dalam menangani masalah server down di SIM Untag.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya