PROGRAM KREDENSIAL MIKRO MAHASISWA INDONESIA (KMII) OLEH MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI NEGARA

Selasa, 07 Desember 2021 - 10:13:12 WIB
Dibaca: 379 kali

PROGRAM KREDENSIAL MIKRO MAHASISWA INDONESIA (KMII) OLEH MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI NEGARA

Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMII) merupakan salah satu program guna mendukung Kampus Merdeka, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus, sebagai upaya untuk mendapatkan sosok calon pemimpin masa depan yang berkualitas. Program KMMI merupakan pembelajaran bentuk kursus singkat atau short course yang meliputi hard skills dan soft skills. Penyelenggara program KMMI merupakan perguruan tinggi yang mengajukan proposal dan dinyatakan lolos seleksi. Begitu pula dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang terdapat satu mahasiswa dari program studi Administrasi Negara angkatan 2018 dan sekarang sedang menempuh semester 7 yaitu Ronan Agung Ramadita Aziz.

Ronan mengikuti program KMMI dengan judul Course Digital Entrepreneurship KMMI-2021 di Universitas PGRI Madiun yang saya ikuti dari tanggal 4 Agustus sampai dengan 22 September 2021. Ronan menyampaikan dalam course tersebut garis besarnya ialah diajarkan bagaimana memulai bisnis online dengan menggunakan Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Materi yang diajarkan cukup menarik seperti, perencanaan bisnis model Canvas, menguasai teknik foto dan video produk, deskripsi produk dan copywriting yang menarik, mengimplementasikan tata kelola keuangan usaha yang rapi dan benar, serta tips dalam mengambangkan bisnis online dengan menggunakan marketplace tersebut. Teknis pembelajarannya yaitu 16 kali pertemuan dan dilakukan pertemuan secara daring keseluruhannya, dalam pertemuan tersebut ada pemateri yang kompeten di bidangnya dan di pertemuan selanjutnya peserta course wajib mempraktekan dan mempresentasikan hasil materi yang sudah dijelaskan oleh pemateri sebelumnya. 

Selanjutnya Ronan juga menyampaikan bahwa pada 21 Oktober kemarin dilaksanakan ujian project mayor, dalam ujian tersebut diharuskan membuat laporan hasil dari mengikuti course yang sudah diajarkan dan mempresentasikannya secara individu. Hasil dari mengikuti course tersebut yaitu selain ilmu dan pengalaman yang bermanfaat, diberikan sertifikat yang dapat diajukan sebagai konversi SKS mata kuliah dan portofolio pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Dalam melaksanakan program ini, Ronan merasa tidak menemui banyak kendala maupun kesulitan, hanya saja mungkin terkadang terjadi crash antara pertemuan dan matakuliah yang sedang ditempuhnya.

Dengan pengalaman yang didapatkannya, Ronan menyampaikan kepada seluruh teman-teman mahasiswa bahwa Program KMMI Kemendikbud ini sangat cocok bagi Mahasiswa yang ingin kursus atau melatih keterampilan, mulai dari kewirausahaan sampai bidang keilmuan yang dibutuhkan industri. Dengan itu mari bagi teman-teman mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini dapat langsung mendaftar jika ada kesempatan dan tentunya pendaftaran yang cukup mudah serta tanpa biaya sekaligus memberikan dampak yang baik untuk kita sebagai mahasiswa, informasi mengenai Program KMMI ini dapat teman-teman mahasiswa akses melalui website kmmi.kemendikbud.go.id/mhs/register. Ajakan kepada seluruh mahasiswa tersebut sekaligus menutup artikel berita kali ini.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya