PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN DOSEN PENERIMA HIBAH PERGURUAN TINGGI TAHUN 2021

Rabu, 10 November 2021 - 12:52:19 WIB
Dibaca: 289 kali

PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN DOSEN PENERIMA HIBAH PERGURUAN TINGGI TAHUN 2021

Program studi Administrasi Negara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya terdapat beberapa dosen yang menerima Hibah Perguruan Tinggi Pengabdian, sebelumnya pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu dosen penerima Hibah Perguruan Tinggi Pengabdian yaitu Bapak Yusuf Hariyoko, S.AP, M.AP

Setelah menerima Hibah Perguruan Tinggi Pengabdian, Bapak Yusuf Hariyoko langsung melakukan kegiatan sesuai dengan proposal kegiatan pengabdian yang diajukan yaitu “Pendampingan Peningkatan Manajemen Produksi dan Pengembangan Bisnis UKM Jajanan Kering (Jaring) di Desa Mojomalang Kabupaten Tuban” dilanjutkan dengan tahapan awal meliputi melakukan persiapan dan survey kegiatan. Dalam pelaksanaan pengabdian ini tentunya Bapak Yusuf Hariyoko tidak sendirian tetapi bersama dengan satu dosen yang lainnya yaitu Ibu Dida Rahmadanik, S.AP, M.AP serta dengan Ingesti Lady Rara selaku mahasiswa program studi Administrasi Negara angkatan 2018 dan Vivtania Salsa Bella selaku mahasiswa program studi Administrasi Negara angkatan 2020 yang tergabung menjadi satu tim pengabdian oleh Bapak Yusuf Hariyoko.

Dalam pelaksanaan pengabdian ini, Bapak Yusuf Hariyoko menyampaikan terkait kendala pelaksanaannya yaitu berubahnya jadwal pelaksanaan dikarenakan masih berlakunya PPKM serta di daerah tempat pengabdian dilaksanakan masih banyak yang melakukan isolasi mandiri sehingga demi keselamatan dan kesehatan bersama maka pelaksanaan pengabdian sedikit mundur dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. dalam pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam hal manajemen produksi dan pengembangan UMKM Jajanan Kering Desa Mojomalang Kabupaten Tuban, memberikan pelatihan membuat kemasan dan brand yang menarik pada UMKM Jajanan Kering, memberikan bantuan mesin pembuat adonan kepada UMKM Jajanan Kering dan memberikan pendampingan serta pengarahan menggunakan aplikasi pengelola keuangan yang berbasis android. Berbagai tujuan tersebut didasarkan atas hasil wawancara dan pemetaan terhadap permasalahan mitra UMKM Jajanan Kering Desa Mojomalang.

Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Bapak Yusuf Hariyoko ini yaitu UMKM Jajanan Kering dapat terus berdaya pada masa pandemi, terhadap teknologi pada UMKM Jajanan Kering, peningkatan Kuantitas Produk, peningkatan kinerja karyawan dan pengembangan manajemen keuangan. Untuk luaran dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan yaitu meliputi adanya mesin pembuat adonan, publish artikel dalam media massa online yaitu Realita.co, mengikuti seminar nasional, serta publish artikel dalam Jurnal terakreditasi Sinta pada Universitas Islam Malang. 

Dengan dilaksanakannya program pengabdian ini, Bapak Yusuf Hariyoko menyampaikan harapannya yaitu “Harapan saya kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat kepada mitra, sesuai dengan kebutuhannya proses pengabdian juga dapat disesuaikan dengan jenis kegiatan yang diajukan dan selain itu, proses pengabdian juga melibatkan mahasiswa secara aktif” Ucap Bapak Yusuf Hariyoko, S.AP, M.AP sekaligus menutup wawancara.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya