Perwakilan Mahasiswa Administrasi Negara di Ajang Putra-Putri FISIP 2021

Sabtu, 18 September 2021 - 20:52:12 WIB
Dibaca: 557 kali

Perwakilan Mahasiswa Administrasi Negara di Ajang Putra-Putri FISIP 2021

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, telah melaksanakan ajang pemilihan Putra-Putri FISIP (2021). Ajang ini merupakan pemilihan putra-putri FISIP berbakat dan berprestasi untuk menjadi representasi mahasiswa FISIP Untag Surabaya. PPF 2021 ini mengambil tema “Pesona Fisip; Berbakat dan Menginspirasi” dengan motto “Brain, Behavior, Charming”.

Terdapat 17 Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mengikuti pemilihan ajang Putra-Putri FISIP 2021 ini. Selanjutnya untuk rangkaian kegiatannya meliputi technical meeting, kurasi awal, launching 4 besar finalis yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri, pra-karantina, karantina, dan malam final. Dari program studi Administrasi Negara sendiri terdapat 6 mahasiswa yang mengikuti ajang pemilihan dan pada akhirnya 2 yang lolos menjadi Finalis PPF 2021. Mahasiswa tersebut merupakan Yakub Fisabillilah dan Moh. Nauval Fadhillah.

Lalu seperti apa sih perjalanan mereka bisa sampai di titik grand final PPF 2021? Berikut ulasannya

Mahasiswa yang pertama yaitu Yakub Fisabilillah, mahasiswa Angkatan 2019 program studi Administrasi Negara Untag Surabaya, yang sekarang sedang menempuh semester 5. Motivasi Yakub mengikuti ajang pemilihan PPF 2021 ini yaitu ingin menginspirasi kepada teman-teman di kampus maupun diluar kampus terkhususnya program studi Administrasi Negara, bahwa sebagai mahasiswa itu tidak melulu di dalam kelas saja atau hanya mengikuti alur perkuliahan saja tetapi juga perlu mengikuti kompetisi di dalam kampus maupun diluar kampus, guna untuk mengasah kemampuan. Persiapan Yakub dalam mengikuti PPF 2021 ini yaitu sebelumnya Yakub juga telah mengikuti ajang kedutaan lain yang ada di Jawa Timur, sehingga dengan hal tersebut membawanya berani untuk mengikuti PPF 2021 ini. Setelah mengikuti rangkaian acara dan dinyatakan lolos menjadi finalis, Yakub merasa senang karena bisa mewakili program studi Administrasi Negara dan kemudian bisa membawa gelar sebagai Runner Up 2 atau sebagai juara 3 pada grand final yang dilaksanakan secara live streaming di youtube BEM FISIP UNTAG SURABAYA, pada tanggal 15 September 2021 kemarin. Dengan mendapat gelar dan menjadi bagian dari PPF 2021, kedepannya Yakub akan melakukan sesuai dengan motivasi dan tema PPF 2021, pesona FISIP berbakat dan menginspirasi yaitu dengan berusaha terus menginspirasi teman-teman mahasiswa FISIP dengan cara mengikuti lomba atau kompetisi baik internal maupun eksternal kampus. Yakub juga menyampaikan pesan atau motivasi kepada teman-teman mahasiswa lainnya. “Ikutilah lomba/kompetisi di internal maupun eksternal kampus, jangan hanya mengikuti perkuliahan di kelas saja, pergunakan masa muda dengan sebaik mungkin kelak akan berguna kedepannya dan jika sudah mengikuti lomba/kompetisi jangan mudah putus asa, apapun hasilnya diterima dengan lapang dada, karena sudah melakukan semaksimal mungkin, kompetisi bukanlah persaingan dengan membenci lawan kita, tapi jadikan lawan kita untuk teman atau sahabat, dan pelajari kekurangan diri sendiri” Ujar Yakub Fisabillilah.

Mahasiswa kedua yang lolos menjadi Finalis PPF 2021 dan perwakilan dari program studi Administrasi Negara yaitu Moh. Nauval Fadhillah, mahasiswa Angkatan 2020 yang sekarang sedang menempuh semester 3. Motivasi Nauval mengikuti ajang pemilihan PPF 2021 ini yaitu tentunya sebagai langkah dan pengalaman baru untuknya agar menjadi lebih baik. Persiapan yang dilakukan Naufal saat mengikuti ajang ini cukup sederhana, karena dari segi persiapan Naufal hanya bermodalkan pengalaman yang Naufal miliki dan dia sangat bersyukur bisa menjadi salah satu Finalis PPF 2021. Naufal juga banyak belajar hal baru saat mengikuti rangkaian acara PPF 2021 meliputi materi seputar FISIP, public speaking, meaner, NUDC, KDMI dan PILMAPRES. Rangkaian acara satu persatu telah dilaluinya dan sampailah di grand final. Naufal mendapatkan gelar Runner Up 3 dan sekaligus mendapatkan special Award Putra Favorit Sosial Media. Perasaan Nauval tentunya sangat bangga dan tidak menyangka bisa sampai sejauh ini. Dengan gelar yg diperoleh dan uga dengan menjadi bagian dari PPF 2021 ini, kedepannya Naufal akan menjadikan dirinya sebagai representasi mahasiswa FISIP Untag Surabaya yang menginspirasi, dengan memiliki atau mengedepankan brain, behavior and charming. Naufal juga ingin menyampaikan pesan atau motivasi untuk teman-teman mahasiswa di luar sana. “Kepada teman-teman mahasiswa lainya, mari keluar dari zona nyaman, dunia menunggumu berkembang” Ujar Nauval sekaligus menutup wawancara dan artikel berita kali ini.


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya