Sosialisasi Kegiatan MBKM 2021

Rabu, 30 Juni 2021 - 08:04:43 WIB
Dibaca: 420 kali

Sabtu (19/6) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untag Surabaya mengadakan sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM 2021) yang mana program yang di sosialisasikan meliputi Program Magang, Pertukaran Pelajar, Studi Independen, dan Kampus mengajar. Pada kesempatan kali ini narasumber dari sosialisasi ini yaitu Wiwin Widiasih, ST., MT, Niken Adriaty Basyarach, ST., MT, dan Dwi Harini Sulistyowati, S.ST., MT. Sosialisasi kali ini membahas tentang program-program yang ada hingga tahap pendaftaran pada program yang dituju.

                Program Kampus Merdeka merupakan salah satu bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesua bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier di masa depan. Beberapa program tersebut salah satunya sebagai berikut:

  1. Program Magang Bersertifikat

Magang pada program MBKM 2021 merupakan salah satu program magang yang bersertifikat yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama 1-2 semester, dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang. Mahasiswa akan mendapatkan hard skill maupun soft skill yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk emmasuki dunia kerja dan kariernya.

  1. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program ini dilakukan dalam satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem alih kredit maksimal sebanyak kurang lebih 20 sks

  1. Program Studi Independen

Studi Proyek Independen Bersertifikat merupakan bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya ide inovatif ataupun untuk melakukan riset dan pengembangan dan program ini dapat menjadi pelengkap atau pengganti mata kuliah yang harus di ambil.

  1. Program Kampus Mengajar

Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa menguasai berbagai keilmuan atau keahlian yang berguna untuk memasuki masa depan. Program Kampus Mengajar ini menghadirkan mahasiswa berbagai keilmuan atau keahlian yang berguna untuk masa depan. Program Kampus mengajar ini menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di SD dan SMP seluruh Indonesia selama 1 semester. Program ini menjadikan mahasiswa sebagai partner guru dan sekolah dalam menemukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

 


Untag Surabaya || FISIP Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya