Silabi Mata Kuliah

Silabi Mata Kuliah

 1.    Pendidikan Agama

 1.a. Mata Kuliah               :  Pendidikan Agama Islam

 Kode                                    :  001013

 Bobot                                  :  3 SKS

 Deskripsi Mata Kuliah :

 Mata Kuliah ini akan diawali dengan pemahaman tentang pengertian Agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain masalah keimanan, akan dibahas pula ikhwal ibadah, baik yang bersifat khusus maupun yang umum, yaitu yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/Khaliknya, antara sesame manusia, dan antara manusia dengan mahluk lain dalam alam. Selain diarahkan keterbinanya kesadaran untuk melaksanakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembahasan juga tertuju ke arah kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negaranya. Dengan demikian mahasiswa diharapkan akan kian dapat menunaikan tugas hidupnya dengan teratur dan tertib menurut tatanan yang berlaku. Berkaitan dengan materi diatas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antar pola hidup duniawi dan ukhrawi.

 

 1.b. Mata Kuliah              :   Pendidikan Agama Khatolik

 Kode                                  :   001023

 Bobot                                 :   3 SKS

 Deskripsi Mata Kuliah :

Mata Ajar ini mengupayakan peningkatan pemahaman mahasiswa akan konsep beriman dalam gereja, penghayatn akan misteri gereja, penggumulannya pada tugas dan kewajiban gereja, serta kesadaran akan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota gereja. Dalam mata ajaran ini tak hanya paham gereja tentang struktur kepribadian manusia saja yang akan diungkapkan, akan tetapi juga faham tentang masyarakat adil dan makmur akan ikut dipaparkan dan dibahas. Pada akhirnya para mahasiswa akan diajak menyusun filsafat hidup pribadi yang sesuai dengan faham menggerejakan dan memasyarakat.

 

1.c. Mata Kuliah               :   Pendidikan Agama Kristen Protestan

Kode                                   :   001033

Bobot                                 :   3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata Ajar ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat bertumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagai manusia ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Akan dikaji dan dibicarakan dalam mata ajaran ini antara dunia dan manusia, dasar dan akibat, rencana keselamatan dan penggenapannya, iman dan pengabdian, serta tanggung jawab Kristen dalam dunia modern.

 

1.d. Mata Kuliah              :   Pendidikan Agama Hindu

Kode                                   :   001043

Bobot                                 :   3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah    :

Mata Ajar ini akan mengajak para mahasiswa untuk memperdalam pemahaman dan penghayatan keagamaan yang mantap, serta mempertebal keimanan dan mengandalkan kebaktian kepada sang Hyang Widhi Wasa. Lewat pengalaman belajar dalam mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan menguasai pengertian-pengertian mengenai sumber dan ruang lingkup Agama Hindu dan tatwa yang berorientasi pada asas spiritual namun pragmatis. Diharapkan juga para mahasiswa mempelajari berbagai masalah kehidupan bermasyarakat dan bernegara, serta dasar kepemimpinan menurut pandangan agama Hindu.

 

1.d. Mata Kuliah              :   Pendidikan Agama Budha

Kode                                  :   001053

Bobot                                 :   3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahaman dan penghayatan serta pengamalan Pancasila khususnya Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Dharma dan kebaktian untuk mempertebal iman Soddha dalam menjaga kelangsungan hidup agama, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD ’45.

 

  1. 2.        Mata Kuliah       : Pengantar Antropologi

Kode                    : 112026

Bobot                   : 3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Sebagai mata kuliah pengantar, maka tentunya Pengantar Antropologi akan berisi dasar-dasar dan pokok-pokok pikiran Antropologi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri dan berkontribusi terhadap berbagai ilmu lain, sebagai kajian yang komprihensif tentang kehidupan manusia. 

Secara umum Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia. Hanya untuk membedakannya dengan ilmu-ilmu lain yang juga mempelajari manusia, maka Antropologi cenderung untuk lebih mempelajari manusia dari fenomena budaya sebagai suatu bentuk kehidupan dan fenomena yang menimbulkan bentuk kehidupan itu ada baik secara fisik maupun secara sosial-budaya. Pada garis besarnya, kajian Antropologi ini meliputi dua bagian besar, yaitu yang pertama adalah yang disebut dengan Antropologi Fisik dan kedua adalah Antropologi Budaya

Mata kuliah ini mengkaji secara mendasar mengenai fenomena kebudayaan sebagai suatu sistem dan kecenderunganya untuk senantiasa berubah sesuai dengan akumulasi kebutuhan manusia. Kebudayaan sebagai bentuk komprehensif yang melibatkan hubungan dari berbagai wujud nilai, aktivitas, dan material dengan unsur kebudayaan universal, dimana Hampir dari seluruh aktivitas dan produktivitas manusia tersebut berorientasi pada suatu sistem nilai budaya yang bersumber dari nilai-nilai keagamaan, filsafat, adat istiadat, ilmu pengetahuan, dan seni.

 

  1. 3.        Mata Kuliah                   :  Bahasa Indonesia

Kode                                :  001073

Bobot                               :  3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini secara umum membicarakan tentang pembentukan kalimat baku dan kalimat efektif, yaitu bagaimana seseorang melakukan pemilihan kata, struktur kalimat yang baik. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menganalisis proses pembentukan dan penyempurnaan kalimat yang baik dan benar.

 

  1. 4.        Mata Kuliah                   :  Pengantar Ilmu Politik

Kode                                : 102033

Bobot                               :  2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Mendiskripsikan makna mata kuliah ini yang merupakan ilmu pengetahuan dasar untuk mempelajari lebih lanjut ilmu politik dan ilmu kenegaraan yang lain. Disajikan macam-macam teori kenegaraan dan macam-macam bentuk pemerintahan yang dilaksanakan di negara-negara di dunia, dan perkembangannya dalam teori hubungan internasional.

 

  1. 5.        Mata Kuliah                   :  Dasar-Dasar Logika

Kode                                :  102022

Bobot                               :  2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Logika merupakan ilmu bantu, yaitu sebagai alat bantu untuk dapat berpikir dan mengambil kesimpulan secara logis baik dalam dunia keilmuan maupun dalam dunia praktis. Logika pada mulanya dikembangkan oleh Aristoteles pada abad ke III SM. Ilmu mulai bersifat empiris dan logika pun mengalami perkembangan yang sejalan dengan irama dunia ilmiah, yaitu tidak lagi titiki tekannya pada logika sillogisme tetapi pada logika simbolis atau logika matematik, berarti logika muali berorientasi pada materiil. Dengan perubahan paradigma logika tersebut, maka mulai berpikir logis adalah apabila adanya keruntutan berpikir, koherensi, korespondensi dan nilai pragmatis dengan dunia empiris.

 

  1. 6.        Mata Kuliah                   :  Matematika

Kode                                :  112012

Bobot                               :  2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Memahami kalkulus diferensial yang meliputi diferensial parsial; penerapan derifatif parsial dalam ilmu ekonomi dan bisnis; maksimal dan minimal fungsi multivariabel tanpa dan dengan kendala; penerapan maksimal dan minimal dalam ilmu ekonomi dan bisnis, kalkulus integral yang meliputi integral tak tertentu dan integral tertentu dan penerapannya dalam ilmu ekonomi dan bisnis, matrik yang meliputi operasi matrik; jenis-jenis matrik; transpose matrik; determinan matrik; invense matrik; persamaan linier simultan; dan penerapan matrik mengenai maksima dan minima fungsi multivariabel; input-output; linier programming.

 

  1. 7.        Mata Kuliah                   :  Pengantar Ilmu Administrasi Negara/Publik

Kode                                :  112043

Bobot                               :  3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini menguraikan tentang pengertian dasar administrasi, sejarah asal usul administrasi, filosofi administrasi, administrasi sebagai ilmu dan juga sebagai seni, sistematika ilmu administrasi, peran penting administrator, asas-asas administrasi, fungsi-fungsi administrasi, pengenalan teori administrasi, hingga pada pengenalan teori pembuatan keputusan. Matakuliah ini juga memberikan pembahasan pada berbagai aspek studi ilmu administrasi yang berkembang pada situasi dan kondisi kontemprorer.

 

  1. 8.    Mata Kuliah                      :  Pendidikan Pancasila

Kode                                  :  000102

Bobot                                 :  2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggungjawab sesuai dengan hati nuraninya; Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menenali masalah hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya; Mengantarkan mahasiswa mampu mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.

 

  1. 9.        Mata Kuliah                   :  Ilmu Kealaman Dasar

Kode                                  :  005023

Bobot                                 :  3 SKS

Mata kuliah ini bertujuan hendak mengembangkan kepribadian mahasiswa dan wawasan pemikirannya dalam kegiatannya dengan ikhwal alam semesta . Lewat pengalaman belajar IAD ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memilliki daya tangngap, persepsi dan penalaran tentang lingkungan alam semesta. Isis mata kuliah ini  berkisar antara lain seputar pengertian kejadian  alam semesta, perkembangan biologik manusia penalaran tentang induksi serta kelahiran teori sitem tata surya, sistem bumi perkembangan kehidupan di muka bumi ini, dan akhirnya mengenai juga hal teknologi sebagai bagian dari upaya manusia mengolah alam guna kepentingan hidupnya.

 

  1. 10.    Mata Kuliah       : Pendidikan Kewarganegaraan

Kode                    : 001063

Bobot                   : 3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :                                               

Mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadian mereka, GBmemiliki wawasan kesadaran bernegara untuk bela negara dan memiliki pola pikir, pola sikap dan perilaku untuk cinta tanah air Indonesia; Menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan, kesadaran bebangsa dan bernegara sehingga terbentuk daya tangkal sebagai ketahanan nasional; c. Menumbuhkembangkan peserta didik untuk mempunyai pola sikap dan pola pikir yang komprehensif, integral pada aspek kehidupan nasional.maupun lingkungannya.

 

  1. Mata Kuliah                   :  Bahasa Inggris

Kode                                :  112122

Bobot                               :  2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini membahas materi yang meliputi wacana-wacana yang authentic maupun simplified dengan topik-topik banking, finance, dan accounting. Ketrampilan yang diberikan kepada mahasiswa meliputi ketrampilan   skimming, scanning, making inferences, vocabulary development dan mengenal dan memahami frase dan kalimat yang kompleks dalam wacana.

 

  1. 12.    Mata Kuliah                   :  Sistem Ekonomi Indonesia

Kode                                :  103023

Bobot                               :  3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah :

Membahas pengertian, prinsip-prinsip dasar ekonomika, teori-teori utilitas dan produksi, sistem perekonomian dunia, bentuk-bentuk perusahaan negara serta pendapatan nasional, keadaan sumber daya, lapangan kerja, kemiskinan, kependudukan, distribusi pendapatan, pertumbuhan ekonomi, struktur ekonomi, kecenderungan perkembangan dunia yang mempe-ngaruhi perekonomian Indonesia serta pengembangan usaha.

 

  1. 13.    Mata Kuliah                   :  Sistem Hukum Indonesia

 

Kode                                :  103013

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Memberikan pengetahuan tentang sistem hukum positif yang berlaku di Indonesia, meliputi upaya pengajaran yang membahas azas-azas hukum nasional, sistematika hukum nasional, prosedur dan mekanisme hukum formil dan performansi hukum nasional secara umum. Secara garis besar membahas tentang gambaran umum hukum positif nasional kita. Diharapkan mahasiswa mengetahui dan faham tentang peta hukum nasional sehingga diharapkan mampu menganalisa terhadap masalah-masalah politik hukum nasional, baik yang publik maupun yang privat, dan yang sosial. Diharapkan ini menjadi pedoman bagi mahasiswa agar mampu bersikap kritis pada performansi pelaksanaan hukum nasional dalam menjalankan fungsinya untuk membangun tatanan tertib individu, sosial dan tertib negara.

 

 

 

  1. 14.    Mata Kuliah                   :  Sistem Politik Indonesia

 

Kode                                :  103153

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah

 

Konsep sistem politik, Elemen-elemen pokok sistem politik, Mekanisme Sistem Politik, Sistem politik Indonesia dalam pendekatan/perspektif historis, struktural fungsional dan budaya politik, bisnis dan politik, Partai Politik, Masyarakat Kewarganegaraan, Media Massa, Militer dan ekonomi politik dalam sistem politik Indonesia, serta Prospek sistem politik Indonesia.

 

 

 

  1. 15.    Mata Kuliah                   :  Statistika Sosial

 

Kode                                :  112013

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Membahas statistik deskriptif: data statistik, penyajian data distribusi frekuensi, penyajiannya dalam gambar/grafik, berbagai macam ukuran dan makna deret waktu. Membahas statistic inferensial: statistik induktif, teori dan distribusi sampling, teori menaksir, hipotesis dan korelasi regresi.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 16.    Mata Kuliah                   :  Ilmu Sosial Budaya Dasar

 

Kode                                :  005013

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Materi kuliah ini berisi pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Mahasiswa dapat menanamkan dalam kepribadiannya sifat-sifat yang lebih humanistis melalui pengembangan wawasan pemikiran serta kritik terhadap nilai-nilai budaya, baik yang berhubungan dengan diri sendiri, orang lain.

 

 

 

  1. 17.    Mata Kuliah                   :  Pengantar Sosiologi

 

Kode                                : 102053

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Sosiologi merupakan salah satu ilmu yang membahas masalah-masalah yang ada di masyarakat, memahami lingkup kajian tentang konsep-konsep dasar dan pengertian sosiologi, proses sosial kemasyarakatan yang paling sering terjadi dan muncul dalam sebuah masyarakat. Obyek sosial adalah masyarakat yang dilihat dari hubungan antar manusia dan proses-proses yang timbul baik menyangkut pola-pola hubungan ataupun dampak dari hubungan antar manusia.disamping itu sosiologi juga melihat dan menganalisa tentang kebudayaan yang merupakan hasil dari integrasi manusia dalam masyarakat.

 

 

 

 

  1. 18.    Mata Kuliah                   :  Hubungan Masyarakat

 

Kode                                :  114042

 

Bobot                               :  2 SKS

 

 

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Membahas mengenai fungsi dan peranan public relations dalam perusahaan, perkembangan public relations  di Indonesia, tujuan kegiatan public relations, teknik-teknik komunikasi dan persuasi, opini publik dan proses kegiatan public relations dalam rangka menciptakan public opinion yang favourable, manajemen krisis dan pembahasan.

 

 

 

  1. 19.    Mata Kuliah                   :  Teori Pembangunan

 

Kode                                :  113072

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah teori pembangunan  diberikan pada mahasiswa agar mampu menjelaskan makna pembangunan serta  teori-teori pembangunan. Materi mata kuliah ini membahas  tentang  ruang lingkup dan proses pembangunan; Hubungan teori dan strategi pembangunan serta tolok ukur keberhasilan  pembangunan; Masalah-masalah pembangunan di negara berkembang khususnya Indonesia. Teori modernisasi, teori ketergantungan dan pasca ketergantungan. Perkembangan pemikiran teori pembangunan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 20.    Mata Kuliah                   :  Asas-Asas Organisasi Dan Manajemen

 

Kode                                :  113043

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Membahas pengertian mengenai organisasi dan manajemen, sejarah perkembangan/pertumbuhan organisasi dan manajemen, keterkaitan administrasi, organisasi dan manajemen, dasar, sifat, unsur dan tujuan organisasi dan manajemen, macam dan fungsi organisasi dan manajemen, pengertian, unsur dan sifat organisasi dan manajemen, proses dan prinsip perencanaan, pengorganisasian, pengertian dan aktivitas penggerakan, pengertian maksud dan tujuan pengawasan dalam organisasi.

 

Dengan mata kulian ini diharapkan mahasiswa dapat memahami berbagai konsep yang berkaitan dengan organisasi dan manajemen pemerintahan. Mahasiswa diarapkan juga memahami perbedaan kajian dalam organisasi dan manajemen sektor publik, sektor swasta dan volunteer sector. Pemahaman kajian di tiga sektor ini penting, karena seiring dengan perkembangan paradigma pemerintahan yaitu Good governance. Kuliah dipadu antara ceramah dan diskusi, serta field study ke tiga sektor /organisasi.

 

 

 

  1. 21.    Mata Kuliah                   :  Hukum Administrasi Negara

 

Kode                                :  113062

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ilmu hukum administrasi negara menjawab secara deskriptif pertanyaan-pertanyaan sekitar hukum sdministrasi negara. Seperti diantaranya, apakah komponen-komponen dari sistem hukum administrasi negara, apa tugas ilmu hukum administrasi negara, apa arti tugas dari negara dan pemerintah serta administrasi negara, apakah objek ilmu hukum administrasi negara, apakah tugas hukum administrasi negara, apa sebab harus ada hukum administrasi negara, apa yang menjadi tugas pokok pemerintah dan apa pula yang menjadi tugas tambahannya, apakah ketetapan itu dan sebutkan identitas ketetapan serta sebutkan dan jelaskan macam-macam ketetapan, bagaimana sengketa administrasi negara diselesaikan oleh peradilan tata usaha negara, apakah syarat-syaratnya yang harus dipenuhi untuk aparat pemerintah yang baik dan akhirnya apa yang dimaksud dengan pemerintah yang baik itu.

 

 

 

  1. 22.    Mata Kuliah                   :  Hukum Tata Negara

 

Kode                                :  113032

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Hukum Tata Negara merupakan salah satu mata kuliah inti di Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membekali mahasiswa calon guru PKn di persekolahan. Mata Kuliah ini membahas tentang : Konsep Ilmu Hukum Tata Negara; Hubungan Hukum Tata Negara dengan Ilmu-Ilmu Sosial lainnya; Sumber-sumber Hukum Tata Negara; Dasar-dasar Teoritik Konstitusi Hukum Tata Negara Indonesia; Lembaga-lembaga Negara RI menurut UUD 1945; dan Dinamika Ketatanegaraan RI.

 

Dilihat materi kajiannya, mata kuliah ini sangat dinamis dalam arti selalu mengikuti dan membahas perkembangan ketatanegaraan Republik Indonesia yang saat ini telah mengalami perubahan mendasar terutama berkenaan dengan hasil amandemen UUD 1945 tahun 2002. Untuk memenuhi harapan dan ketercapaian target, perlu diadakan kegiatan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, baik klasikal maupun kelompok yang diadakan di luar jam perkuliahan, khususnya yang berkaitan dengan masalah-masalah aktual ketatanegaraan Republik Indonesia.

 

 

 

  1. 23.    Mata Kuliah                   : Akuntansi Pemerintahan

 

Kode                                :  113122

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep akuntansi sektor publik mencakup karakteristik dan ruang lingkup, akuntansi dana umum, dana khusus, pemupukan modal, penyelesaian utang, service intern, dana-dana lainnya, pembukuan aktiva tetap, utang jangka panjang, penyusunan neraca, dan akuntansi anggaran.

 

Membahas tentang akuntansi terkini untuk sektor publik, pembagian dan metode pembukuan serta proses pembukuan dan pembahasan soal-soal akuntansi sektor publik.

 

 

 

  1. 24.    Mata Kuliah                   :Aplikasi Komputer

 

Kode                                :  112023

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini mempelajari topik-topik mengenai Pengolahan Kata menggunakan Microsoft Word, dan Pengolahan Angka menggunakan Microsoft Excel.

 

 

 

  1. 25.    Mata Kuliah                   :Demografi

 

Kode                                :  112102

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah Demografi membahas konsep dan ruang lingkup demografi, sumber data demografi, proses demografi dan struktur karakteristik demografi. Mata kuliah ini juga membahas tentang teori penduduk, serta pengukuran dasar demografi dan pertumbuhan penduduk. Mata kuliah ini mendasari mata kuliah  lainnya  seperti geografi penduduk dan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang penekanan studinya yaitu pada proses demografi, namun  struktur penduduk  juga diperlukan untuk dapat memahami proses demografi.

 

 

 

  1. 26.    Mata Kuliah                   :  Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Kode                                : 113173

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Membahas hal-hal yang terkait dengan pendayagunaan sumber daya manusia di berbagai organisasi baik organisasi pemerintah maupun swasta. Pendayagunaan tersebut meliputi upaya pengadaan sumber daya manusia, pemeliharaan, pengembangan kualitas serta menciptakan suasana yang mendukung tercapainya tujuan organisasi, individu dan masyarakat.

 

 

  1. 27.    Mata Kuliah                   :  Perilaku Administrasi

 

Kode                                :  114083

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata Kuliah ini membahas tentang hubungan antara manusia dengan perilaku organisasi dan sebaliknya juga melihat hubungan antara model organisasi dengan perilaku manusia yang ada di dalmnya. Secara lebih rinci akan melihat pendekatan-pendekatan yang menjelaskan proses terjadinya perilaku individu , tahap-tahap terjadinya kelompok, bentuk-bentuk kelompok serta cara-cara untuk merubah perilaku manusia.

 

 

 

  1. 28.    Mata Kuliah                   :  Organisasi dan Metode

 

Kode                                :  113092

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Dengan mengerti dan memahami teori manajemen maupun tata kerja yang harus dilakukan, maka organisasi yang dinamis bisa selalu mengikuti perkembangan lingkungan baik yang internalmaupun eksternal. Tanpa mengabaikan pedoman penerapan asas pendayagunaan (efficiency) dan berhasil guna (effective) maka permasalahan yang dihadapi setiap organisasi yang menyangkut keterbatasan sumber-sumber maupun peningkatan tuntutan-tuntutan masyarakat bisa diatasi.

 

Silabus Singkat : Arti pentingnya Organisasi dan Metode. Ruang Lingkup Organisasi dan Metode. Teori dan Proses Organisasi. Konflik Organisasi, Kepemimpinan.Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja.

 

 

 

  1. 29.    Mata Kuliah                   :  Hukum Politik Agraria

 

Kode                                :  113103

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Dengan mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami fenomena-fenomena keagrariaan di Indonesia dari aspek politik dan hukum. Hal ini karena masalah agraria tidak saja menyangkut masalah tanah, tetapi juga menyangkut hubungan antar manusia, antar manusia dengan kelompok sosial, antar kelompok sosial dengan tanah dalam rangka produktivitas tanah dan pembagian tanah (redistribusi) secara adil yang kesemuanya itu tidak lepas dari aspek hukum formal (legal) dan proses politik karena berbagai kepentingan. Mata kuliah ini membahas tentang Hukum Agraria untuk memberi bekal mahsiswa dalam rangka menumbuhkan kesadaran perlunya tertib pertanahan, dengan  memberikan pengertian Hukum Agraria di Indonesia, Dasar-dasar Hukum Agraria Nasional, Hak-hak atas tanah, Pendaftaran hak atas tanah, Pengadaan Tanah dan Landreform.

 

 

 

  1. 30.    Mata Kuliah                   :  Administrasi Keuangan Negara

 

Kode                                :  113083

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa program studi ilmu administrasi negara untuk memberikan pengalaman dalam mempelajari praktek-praktek pengelolaan keuangan negara. Pengelolaan keuangan negara meliputi pengelolaan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta oleh Badan-badan usaha milik negara, sebagai bagian kekayaan negara yang pengelolaannya dipisahkan. Dalam mempelajari Administrasi Keuangan di indonesia akan berpedoman kepada Undang-undang tentang Pengelolaan Keuangan Negara. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan peranan pemerintah baik pusat maupun daerah didalam perekonomian Indonesia. Selain daripada itu mahasiswa memiliki pengalaman dalam menganalisis sumber-sumber penerimaan pemerintah, pengeluaran pemerintah ataupun belanja yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk utang pemerintah. Selanjutnya mahasiswa juga memiliki pengalaman dalam mempelajari pihak-pihak (stakeholder) yang bertanggungjawab dalam mengelola keuangan negara. Konsep manajemen keuangan daerah akan melengkapi pembahasan mata kuliah ini dengan berpedoman pada Undang-Undang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

 

 

 

  1. 31.    Mata Kuliah                   : Hubungan Internasional

 

Kode                                :  113272

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Hubungan Internasional merupakan sebuah mata kuliah dasar yang sangat penting bagi mahasiswa Hubungan Internasional karena mendasari proses keilmuan mahasiswa untuk memantapkan dalam mempelajari mata kuliah HI selanjutnya. Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang ruang lingkup kajian serta isu-isu yang dibahas dalam studi hubungan internasional termasuk juga paradigma yang berkembang. Mata kuliah ini berisi rangkuman isu yang akan dipelajari dalam studi Hubungan Internasional.  

 

 

 

  1. 32.    Mata Kuliah                   : Kebijakan Publik

 

Kode                                :  113243

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Membahas pengertian dan lingkup studi kebijakan publik, hubungan kebijakan publik dengan administrasi negara dan kepentingan publik, proses/siklus pembuatan kebijakan publik, factor-faktor yang mempengaruhi kebijakan publik, analisis kebijakan publik, model-model analisis dalam proses pembuatan kebijakan publik, metode/teknik analisis kebijakan publik.

 

 

 

  1. 33.    Mata Kuliah                   :Etika Birokrasi

 

Kode                                :  115042

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Menguraikan tentang pengertian dan dasar etika administrasi publik di Indonesia kode etik, etika atasan dan bawahan, pembinaan moral, wewenang dan tanggung jawab etika Birokrasi.

 

 

 

  1. 34.    Mata Kuliah                   :  Administrasi Perkantoran Modern

 

Kode                                :  113142

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mahasiswa memahami pengertian dan ruang lingkup Administrasi perkantoran, dapat mengetahui, mengerti dan memahami berbagai aspeknya mencakup konsep dasar, kegiatan kantor, peran dan kewajiban manajer kantor tata hubungan kantor dan unsur-unsur manajemen perkantoran. Pengertian administrasi, manajemen, kantor, menetapkan ruang lingkup manajemen perkantoran, organisasi kantor, manajer kantor, komunikasi kantor, formulir, surat menyurat (korespondensi), metode, prosedur dan sistem, laporan, kearsipan, perencanaan gedung, tata ruang, mesin dan perabot kantor.

 

 

 

  1. 35.    Mata Kuliah                   :  Sistem Informasi Manajemen

 

Kode                                :  113162

 

Bobot                               :  2 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dan ruang lingkup Sistem Informasi Manajaemen yang pada hakekatnya merupakan pengembangan konsep manajemen dalam organisasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mendorong perubahan dibidang teknologi produk dan proses.

 

 

 

  1. 36.    Mata Kuliah                   :  Geopolitik

 

Kode                                : 113132

 

Bobot                               : 2 SKS

 

Deskripsi Matakuliah:

 

Mata kuliah Geopolitik membahas dampak lingkungan geografis terhadap lingkungan politik yang dikaitkan dengan strategi negara-negara dalam menjalankan hubungan luar negeri. Geografi sebagai sebuah ruang yang di dalamnya terdapat lokasi, ukuran, fungsi, serta pola hubungan keruangan antaraberbagai wilayah dan sumberdaya menjadi landasan bagi pemikiran politik dan strategis suatu negara dalam sebuah kawasan. Karena itu, mata kuliah ini menganalisis interaksi antara setting geografi, perspektif geografi dan pemikiran politik nasional yang terintegrasi dengan dinamika internasional. Berbagai konsep dan teori berkaitan dengan masalah itu merupakan subjek kajian mata kuliah ini. Dalam kuliah awal dijelaskan pengenalan terhadap konsep geopolitik dan geostrategis, yaitu yang meliputi definisi geopolitik dan geostrategi, latar belakang kemunculan kedua konsep, sejarah dan perkembangan keduanya, serta teori-teori yang memengaruhi pemetaan dunia dan strategi negara-negara. Dalam perkuliahan selanjutnya dibahas strategi geopolitik pertahanan dan geoekonomi negara-negara besar dan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

 

 

 

  1. 37.    Mata Kuliah                   :  Perbandingan Administrasi Negara

 

Kode                                :  113233

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini menguraikan tentang pengertian publik; pengertian administrasi publik, organisasi publik dan manajemen publik; dasar pemikiran administrasi publik dan administrasi negara; perbedaan antara administrasi negara, administrasi publik, organisasi publik dan manajemen publik; elemen administrasi publik; fungsi inti administrasi publik; proses administrasi publik; paradigma administrasi publik; peran penting administrator publik, kebijakan publik; keuangan publik, birokrasi publik hingga praktika administrasi publik di Indonesia. Mata kuliah ini juga memberikan pembahasan pada berbagai aspek studi ilmu administrasi publik yang berkembang pada situasi dan kondisi kontemporer.

 

 

 

  1. 38.    Mata Kuliah                   :  Manajemen Strategi Sektor Publik

 

Kode                                :  115062

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini mempelajari definisi dan model manajemen stratejik; konsep manajemen stratejik dan perkembangannya; mendeskripsikan fungsi dan peran pemimpin dalam manajemen stratejik; fungsi, tujuan, dan manfaat manajemen stratejik; implementasi manajemen stratejik bagi pengembangan organisasi dan kelembagaan; faktor penentu keberhasilan manajemen stratejik; formulasi strategi bisnis di tingkat corporate, unit bisnis stratejik, dan tingkat fungsional; model dan gaya kepemimpinan dalam merespon visi, misi, dan tujuan organisasi perkembangan pendekatan kepemimpinan dalam pengambilan keputusan menganalisis kasus aktual kepemimpinan dalam mengimplementasikan manajemen stratejik; mendeskripsikan berbagai masalah stratejik yang dihadapi manajemen dan organisasi; melakukan analisis situasi dengan aplikasi SWOT analysis; menganalisis kasus aktual dengan menggunakan pendekatan manajemen stratejik, baik dalam organisasi profit maupun nonprofit; isyu global dalam manajemen stratejik: ciri-ciri dan tantangan yang dihadapi dalam persaingan global

 

 

 

  1. 39.    Mata Kuliah                   :Metode Penelitian Administrasi

 

Kode                                :  112113

 

Bobot                               :  3 SKS

 

Deskripsi Mata Kuliah :

 

Mata kuliah ini menguraikan tenta