Kata Mahasiswa Baru tentang PKKMB 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:04:40 WIB
Dibaca: 63 kali

Pada tanggal 23-24 September 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Acara PKKMB FISIP kali ini dirangkai dengan acara yang berbeda, dikarenakan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka FISIP UNTAG mengadakan PKKMB secara daring. Walaupun acara kali ini secara daring, tetapi keantusiasan Mahasiswa Baru FISIP UNTAG sangatlah tinggi. Keantusiasan tersebut dapat dilihat ketika streaming youtube dilakukan. Banyaknya pertanyaan-pertanyaan MABA kepada narasumber pun tidak luput menjadi sebuah gambaran keantusiasan mereka. PKKMB FISIP secara daring ini lebih dengan acara yang memperkenalkan bagaimanakah FISIP UNTAG SURABAYA. Organisasi Kemahasiswaan FISIP pun tidak luput dikenalkan. Dari DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang menjadi narasumber adalah Ketua DPM FISIP UNTAG yaitu Muhamad Wigrha Idwar dan Muh. Hamzah Al Amien. Kemudian dari Organisasi Kemahasiswan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dengan narasumber Ketua BEM FISIP UNTAG yaitu Ahmad Afif Hidayat dan Wakil Ketua BEM Dwita Rama Dhanty. Selain narasumber dari ORKEM FISIP, dosen-dosen FISIP dan Alumni pun tidak luput menjadi narasumber pada PKKMB kali ini. Penyampaian materi nya pun bukan hanya memperkenalkan kampus saja, tetapi memberikan tips and trick bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang berpikir kritis dan bagaimana cara memotivasi belajar dikala malas melanda serta masih banyak materi seru lainnya.

            Bukan hanya jajaran ORKEM DPM dan BEM saja. ORKEM HIMA (Himpunan Mahasiswa) pun juga ikut meramaikan PKKMB FISIP secara daring. Selain materi yang disampaikan dari ORKEM HIMA sendiri memberikan keseruan lainnya lewat games-games yang mereka sajikan sehingga Mahasiswa Baru FISIP tidak jenuh ketika mengikuti acara PKKMB secara daring. Karena dengan adanya pandemic bukan menjadi penghalang untuk Mahasiswa Baru berkenalan dengan teman-teman baru dan mengenal dunia kampusnya. Setelah kegiatan PKKMB, Tim Website prodi Administrasi Negara mewawancarai beberapa Mahasiswa Baru terkait kesan dan pesan selama PKKMB FISIP 2020, sebagai berikut:

            Menurut Mahasiswa Baru bernama Ajeng memiliki kesan terhadap PKKMB ini, menurut Ajeng, ia lebih senang dengan acara PKKMB yang ada di univ. Dikarenakan acaranya yang padat dan penuh dengan materi yang menurut ia sangat berguna dan bisa menjadi pedoman kedepannya. Tetapi, Ajeng sangat mengapresiasikan kinerja para panitia PKKMB FISIP dan Prodi. Selain menanyakan perihal kesan dan pesan ketika PKKMB tim website juga menanyakan perihal minggu pertama perkuliahan yang dilakukan “Kuliah beda sama sekolah masih kurang kerasa kak ,mungkin karna belum tatap muka yaa. Feel nya belum dapat. Perbedaan paling menonjol selama 2 minggu ini sih masih di pengajarnya kak dulu kan waktu sekolah di grup kelas udah komplit kan ya semua guru ada terus mereka yang kayak terus kasih tugas kasih materi nah sekarang udah beda ,kita yang harus cari-cari nomor dosennya chat minta izin untuk dimasukkan ke grup matkul, misal besok ada kelas matkul kita yg harus tanya besok pake media apa ya pak/buk? Intinya di tuntut super mandiri sih perbedaanannya sama sekolah”. Kata Ajeng Mahasiswa Baru 2020.

            Selain Ajeng ada tim website juga mewawancarai Mahasiswa Baru dari kelas Malam. Baruna mengatakan “saat mengikuti pkkmb online, saya merasa senang karena bisa bertemu teman-teman baru. Namun, pada saat acara pkkmb hari pertama dan kedua lumayan membosankan, tapi untuk hari ketiga dan terakhir sangat asyik dan menyenangkan. Saran aja, mungkin disela-sela acara ada challenge buat para maba agar tidak terlalu membosankan. Untuk kuliah online selama pandemi, ada beberapa materi yg dapat dipahami dan ada beberapa sulit dipahami melalui kelas online. Adapun kendala yang dihadapi, akses elitag yang terkadang error dan sering keluar forum sendiri”.

            Ajeng memberikan pesan untuk Mahasiswa Baru 2020 di tengah masa pandemi “Untuk teman semuaa ,Aku yakin kok kita bisa bareng-bareng bergandeng tangan hadapin ini. untuk kalian yg merasa sesak takut atau pun suntuk kamu ga sendiri dan jangan merasa kamu sendiri kita semua ada buat kamu.Emang bingung plus capek bange sama sistem daring saat ini tapi kalo kamu capek yuk berbagi sini kita lepas rasa capek bareng-bareng. Yok bisa yokkk Trs pesanku walaupun saat ini sistem kita semua online jangan kasih diri kita mengerjakan tugas secara instant dikit-dikit cari copas di internet. Walaupun semuanya serba online jangan membuat dirimu tidak aktif produktif untuk mengerjakan tugas yg menjadi kewajibanmu”.

YOU CAN DO IT !!!!!!!!!!!!!!